MRT Jakarta

Jokowi Sebut Pembangunan MRT Fase II Dimulai Akhir Pekan Ini

MRT fase II memiliki rute Stasiun Bundaran HI, Jakarta Selatan sampai kawasan Kota Tua, Jakarta Utara.

Jokowi Sebut Pembangunan MRT Fase II Dimulai Akhir Pekan Ini
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ground breaking atau peletakan batu pertama proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II akan dilakukan pada akhir pekan ini. 

MRT fase II memiliki rute Stasiun Bundaran HI, Jakarta Selatan sampai kawasan Kota Tua, Jakarta Utara.

"Ini langsung mulai nanti hari minggu, groundbreaking untuk fase kedua," ujar Jokowi saat menjajal MRT dari Stasiun Bundaran HI sampai Stasiun Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Menurut Jokowi, pembangunan MRT akan dilakukan di beberapa daerah lainnya, dimana tahapannya nanti dilakukan studi kelayakan terlebih dahulu.

"Kota-kota lain seperti Palembang, Sumatera Utara, Bandung, Surabaya, dan Makassar juga harus disiapkan, jangan sampai terlambat seperti yang di Jakarta," kata Jokowi

 Selain pembangunan proyek MRT fase II, pemerintah juga menyiapkan pembangunan yang menghubungkan semua kawasan Jabodetabek.

 "Tadi sudah dihitung, termasuk transportasi pemukiman dan lain-lainnya butuh Rp 571 triliun," ujar Jokowi

 Untuk diketahui, proyek pengerjaan MRT Jakarta fase 1 telah dilakukan sejak Oktober 2013. 

Pada koridor 1 MRT Jakarta ini, telah dibangun jalur kereta sepanjang 16 kilometer yang meliputi 10 kilometer jalur layang dan enam kilometer jalur bawah tanah.

Baca: Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak, Kuasa Hukum Akan Ikuti Prosedur Hukum

Sebagian dari konstruksi jalur MRT Jakarta merupakan struktur layang (elevated) yang membentang kurang lebih 10 kilometer dari wilayah Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja. 

Dari rute tersebut, terdapat 7 stasiun layang, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja. 

Sedangkan konstruksi bawah tanah (underground) MRT Jakarta membentang kurang lebih 6 kilometer, yang terdiri dari terowongan MRT bawah tanah dan enam stasiun MRT bawah tanah. 

Keenam stasiun bawah tanah tersebut yaitu Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved