Ikut Sayembara Desain Revitalisasi Ragunan Bakal Diganjar Hadiah Rp 1 Miliar

DKI Jakarta akan menggelar sayembara desain untuk merevitalisasi kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dengan total hadiah Rp 1 miliar.

Ikut Sayembara Desain Revitalisasi Ragunan Bakal Diganjar Hadiah Rp 1 Miliar
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Suasana Kebun Binatang Ragunan jelang kirab obor Asian Games 2018, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar sayembara desain untuk merevitalisasi kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dengan total hadiah Rp 1 miliar. 

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Widodo mengatakan, sayembara dilakukan untuk melibatkan warga, sesuai visi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Penjaringan ide dari masyarakat. Jadi, sesuai dengan visi Pak Gubernur," ujar Widodo saat dihubungi, Rabu (20/3). 

Dengan adanya keterlibatan publik, lanjut dia, revitalisasi Taman Margasatwa Ragunan diharapkan sesuai kebutuhan warga.

"Setiap proses itu melibatkan masyarakat karena mereka juga yang tahu permasalahan di sekitarnya. Jangan nanti ada pembangunan, terus akhirnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat," katanya. 

Widodo menyampaikan, revitalisasi kawasan Taman Margasatwa Ragunan bertujuan mewujudkan pusat konservasi satwa sekaligus tempat rekreasi yang modern di Ibu Kota. 

Berbagai permasalahan di kawasan Ragunan, termasuk kemacetan, harus dibenahi melalui revitalisasi tersebut. Oleh karena itu, peserta yang mengikuti sayembara desain kawasan Taman Margasatwa Ragunan harus memiliki keahlian. 

"Untuk mencapai tujuan itu, sebagai langkah awal, kita menjaring ide-ide atau gagasan-gagasan desain dari para profesional. Persyaratannya nanti di tim (peserta) itu ada ahli konservasinya, ahli planologinya, arsiteknya, ahli lingkungan, ahli transportasi juga," ucap Widodo. 

Baca: Viral Razia Kucing dan Anjing, Ratusan Pecinta Satwa Geruduk Kantor Sudin KPKP Ragunan

Pendaftaran sayembara desain kawasan Taman Margasatwa Ragunan dibuka sejak 18 Maret hingga 5 April 2019. Pendaftaran dan semua informasi soal sayembara itu dapat dilihat di situs web https://ragunanzoo.jakarta.go.id. 

Sayembara desain kawasan Taman Margasatwa Ragunan bukan sayembara pertama yang digelar Pemprov DKI era Gubernur Anies. Pemprov DKI juga pernah menggelar sayembara desain logo Jak Lingko, desain kawasan Monas, dan desain integrasi kawasan halte transjakarta CSW dan Stasiun MRT Sisingamangaraja yang digelar BUMD PT Transjakarta. 

Seperti diketahui, Gubernur Anies seringkali menyatakan keinginannya untuk melibatkan warga dalam pembangunan Jakarta. Dia ingin pembangunan di Ibu Kota berpedoman pada keadilan sosial. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayembara Desain Revitalisasi Ragunan Berhadiah Rp 1 Miliar Digelar Sesuai Visi Anies"

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved