Biaya Sertifikasi Halal di Indonesia Termurah di Dunia

Walaupun telah disiapkan untuk 1.000 IKM, namun sampai saat itu baru dipakai 250 IKM sehinga masih ada kesempatan pengusaha IKM yang ingin mengajukan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dibandingkan negara lainnya, biaya yang dikeluarkan untuk sertifikasi halal di Indonesia termurah di dunia.

Bahkan, khusus industri kecil dan menengah di DKI Jakarta bisa memperoleh sertifikasi halal secara gratis.

"Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta menganggarkan dana untuk biayai sertifikasi halal 1000 industri kecil menengah (IKM) tahun ini," kata Dr Oesmena sebagai Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta dalam seminar dengan tema “Kenapa Harus Halal?” di STIE Indonesia Banking School, Jumat (12/4/2019).

Seminar ini dihadiri oleh para Mahasiswa, dosen, dan juga musyawarah guru-guru perbankan syariah STIE Indonesia Banking School

Walaupun telah disiapkan untuk 1.000 IKM, namun sampai saat itu baru dipakai 250 IKM sehinga masih ada kesempatan pengusaha IKM yang ingin mengajukan.

Bersamaan dengan seminar akan dilaksanakan pula peluncuran buku “Muslim Vietnam dan Industri Halalnya” karya Dr. Marissa Haqque.

Buku ini berisi tentang Keberadaan industri halal di Vietnam yang juga menguntungkan muslimin lain di dunia karena dapat memfasilitasi mereka dalam memperoleh produk dan jasa yang halal ketika berkunjung ke Vietnam.

Lalu di dalam buku ini pula dibahas sejauh mana kontribusi minoritas muslimin Vietnam dalam meningkatkan industri halal di Vietnam dan pertumbuhan ekonomi negaranya, serta apa yang dapat dikolaborasikan dan dialiansikan bersama oleh Indonesia dan Vietnam terkait sertifikasi halal.

Tidak hanya itu, pembaca juga dapat mengetahui sejarah singkat perjalanan muslimin di negeri yang terkenal dengan ideologi komunisnya.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved