Majelis Perwakilan Rakyt Republik Indonesia

Mahyudin: Kontestasi Pilpres Jangan Terjebak Politik Identitas

Wakil Ketua MPR Mahyudin, mengingatkan agar kita berhati-hati menghadapi tahun politik sekarang ini.

Mahyudin: Kontestasi Pilpres Jangan Terjebak Politik Identitas
dok. MPR RI
Wakil Ketua MPR Mahyudin. 

Wakil Ketua MPR Mahyudin, mengingatkan agar kita berhati-hati menghadapi tahun politik sekarang ini.

“Kita harus betul-betul menjaga persatuan. Jangan terjebak pada politik identitas yang membawa-bawa ras, suku, agama, dan antargolongan. Kita harus menentukan pilihan yang  cocok dengan hati nurani,” ungkap politisi Partai Golkar asal Kalimantan Timur ini.

Mahyudin mengemukakan hal itu ketika menyampaikan pengantar sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung Kemuning, Kompleks Balai Kota Bogor, Selasa pagi  (25/9/2018).

Di depan sekitar ratusan peserta sosialisasi yang terdiri dari ibu-ibu pengajian, pemuda, pengemudi ojek online,  dan masyarakat Kota Bogor, Mahyudin menyatakan bahwa persaingan di bawah cukup keras.

Untuk menghindari agar masyarakat tidak terbawa-bawa ke politik identitas, menurut Mahyudin, masyarakat harus cerdas.

“Saya kira para calon presiden mengerti bahaya politik identitas, dan mereka tidak melakukan itu,” kata Mahyudin. Tapi, sulit dikontrol tim suksesnya di bawah. “Karena saking bersemangat untuk meraih target menang, mereka menghalalkan segala cara,” katanya.

Nah, tugas MPR, menurut Mahyudin, adalah memberi pencerahan kepada masyarakat agar mereka memahami apa itu yang nama politik SARA, apa itu hoax, apa itu fitnah, dan sebagainya.

Melalui kegiatan Sosialiasi Empat Pilar MPR, Mahyudin mengajak para peserta agar dalam menentukan pilihannya terlebih dulu melihat program yang ditawarkan oleh setiap calon.

“Jadi, yang penting bagi para calon adalah adu program, adu ide dan gagasan, bukan adu politik identitas,” ujar Mahyudin.

Maka, tambah Mahyudin, sebelum menentukan pilihan maka kita harus mengetahui dulu program masing-masing calon. Dan, apakah program yang ditawarkan itu bermanfaat bagi masyarakat atau bagaimana. “Saya kita itu ukurannya,” tandas Mahyudin.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help