Majelis Perwakilan Rakyt Republik Indonesia

Pimpinan Parlemen Tegaskan Kunjungan Ke Palu-Donggala, Tak Ada Muatan Politik

Menurut Ketua DPD, Oesman Sapta, kunjungan dirinya bersama dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Bambang Soesatyo untuk berbagi rasa.

Pimpinan Parlemen Tegaskan Kunjungan Ke Palu-Donggala, Tak Ada Muatan Politik
dok. MPR RI
(Kiri-kanan) Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Bambang Soesatyo melakukan kunjungan ke Palu, Sulawesi Tengah, 3 Oktober 2018, untuk melihat secara langsung dan memberi bantuan pada korban gempa dan tsunami Palu-Donggala-Sigi. 

Diakhir kunjungan ke Palu, Sulawesi Tengah, 3 Oktober 2018, untuk melihat secara langsung dan memberi bantuan pada korban gempa dan tsunami Palu-Donggala-Sigi, pimpinan parlemen sepakat bahwa kegiatan yang dilakukan itu tak ada muatan politis.

Menurut Ketua DPD, Oesman Sapta, kunjungan dirinya bersama dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Bambang Soesatyo untuk berbagi rasa.

"Untuk memberi semangat pada masyarakat di sini," ujarnya. Tak hanya itu yang dilakukan. Menurut pria asal Kalimantan Barat itu, pimpinan parlemen juga memberi bantuan kepada korban bencana alam sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Bantuan yang diberikan disebut seperti tenda, selimut, susu, popok, makanan, dan minuman.

"Juga uang tunai", paparnya. "Bantuan itu langsung diserahkan pada yang berhak," sebut Oesman Sapta.

Dengan demikian dirinya menegaskan kembali bahwa apa yang dilakukan itu tak ada nuansa politiknya. "Yang kita bawa adalah nilai-nilai kemanusiaan," ungkapnya.

Nilai kemanusiaan yang dimaksud adalah persaudaraan dan kekeluargaan sehingga pimpinan parlemen merasa trenyuh saat melihat korban bencana. "Kita merasakan pedih dan ngilu," tuturnya.

Diharapkan bila ada korban yang masih bisa ditolong harus ditolong. Bila ada korban yang meninggal, kalau jasadnya bisa digali, harus digali.

Diakui memang ada lokasi-lokasi gempa yang susah bahkan tidak bisa dijangkau karena misalnya, jalan ambles.

"Realitas di lapangan kadang begitu", paparnya. Meski demikian dirinya memuji Basarnas telah bekerja maksimal.

Apa yang dikatakan oleh Oesman Sapta dibenarkan oleh Bambang Soesatyo. Menurutnya, pimpinan parlemen ke Palu untuk melihat secara langsung apa yang terjadi di lapangan.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help