Selasa, 4 Agustus 2015
Tribunnews.com

Menkes: Dokter Kecil Penggerak Kesehatan Sekolah

Kamis, 20 Mei 2010 02:35 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan kini berusaha mengoptimalkan peran dokter kecil untuk membantu peran guru dan petugas kesehatan untuk pelayanan kesehatan di sekolah dan sebagai penggerak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Dokter kecil juga mempunyai peran penggerak menjalankan usaha kesehatan sesama teman dan diri sendiri, memelihara kebersihan, kesehatan di sekolah maupun di rumah dan pengerak budaya hidup sehat.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan, dr Endang Rahayu Sedyaningsih dalam konfrensi pers Revitalisasi Dokter Kecil dan Kader Kesehatan untuk Indonesia yang Lebih Sehat bekerjasama dengan PT Unilever Tbk, di SDN Gunung 05 Jakarta, belum lama ini.

"Hasil penelitian yang dilakukan, ada hubungan program dokter kecil dengan pengetahuan, sikap, dan praktik kebersihan pada siswa yang diteliti. Selayaknya setiap sekolah dasar melatih, membentuk dokter kecil bekerjasama dengan tenaga kesehatan di Puskesmas," ungkap Endang.

Hadir pula narasumber, Human Resources & Corporate Relations Director PT Unilever Indonesia Tbk, Joseph Bataona, Senior Brand Manager Lifebuoy, Erwin Cahaya Adi. Juga Direktur Bina Kesehatan Anak Ditjen Binkesmas Depkes RI, Fatni Sulani, Kabid Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup dan Kesehatan pada Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani (PUSJAS) Kemendiknas, Abdul Syukur Madjid.

Menurut Endang, pembentukan dokter kecil sebagian besar sudah dilaksanakan di berbagai SD. Namun, keberadaannya belum dimanfaatkan maksimal. Ia berharap SD yang mempunyai dokter kecil jangan hanya membentuk dan melatih, tetapi melibatkan dalam berbagai bentuk pelayanan kesehatan.

"Misalnya, pada saat penjaringan kesehatan, dokter kecil diberikan tugas dalam mengatur urutan, mengukur berat dan tinggi badan, pengukuran ketajaman penglihatan dan sebagainya," ungkap Endang.

Halaman1234
Editor: Juang Naibaho
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas