• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribunnews.com

Dana Aspirasi Tidak Akan Dibahas dalam Penyusunan Nota Keuangan

Kamis, 17 Juni 2010 12:51 WIB
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pemerintah melalui Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menegaskan bahwa usulan Partai Golkar terkait dana aspirasi tidak akan dibahas dalam penyusunan Nota Keuangan.

Agus menjelaskan bila dana aspirasi awalnya dibicarakan fraksi yang disampaikan melalui pandangan dalam proses pembahasan awal RAPBN. "Dua fraksi mengusulkan anggaran bisa dibuat berdasarkan daerah pemilihan sebagai tanggungjawab anggota DPR untuk pertumbuhan Dapil,"katanya saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Kamis (17/6/2010).

Tanggapan pemerintah, menyatakan bahwa pemerintah  punya potensi tidak bisa dilaksanakan, karena ada gesekan dengan undang-undang keuangan negara, undang-undang pembendaharaan negara, dan undang-undang kebijakan desentralis fisikal berimbang.

"Dengan dialokasikannya atas dasar Dapil, itu menyebabkan ketidak serimbangan keuangan, nanti di Jawa lebih banyak dibandingkan diluar Jawa. Wilayah timur akan lebih sedikit dibandingkan wilayah barat, dan daerah miskin lebih sedikit dibandingkan daerah kaya,  itu semuanya  berpotensi tidak diterima pemerintah," ujarnya.

Agus pun memaparkan bila dalam Panja dapat dikatakan bahwa tidak dibahas tentang usulan Dana Aspirasi, "Panja tidak dibahas dan diputuskan, itu hanya catatan dan tidak masuk dalam kesimpulan," katanya lagi.

Saat ditanya apakah hal tersebut akan ditindak lanjuti pemerintah, Agus dengan tegas bahwa catatan tersebut tidak akan ditindak lanjuti dalam pembahasan nota keuangan.

"Itu tidak akan ditindaklanjuti dalam pembahasan nota keuangan. Kalau ada pemikiran seperti itu, maka harus dirumuskan terlebih dahulu dalam musyawarah pembangunan daerah dan nasional. Jadi usulan yang ada sekarang tidak akan menjadi satu topik pembicaraan dalam nota keuangan," pungkasnya.
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
26211 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas