Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Biaya Masuk FK Unismuh dan UMI Capai Rp 80 Juta

Minggu, 18 Juli 2010 07:32 WIB

Biaya Masuk FK Unismuh dan UMI Capai Rp 80 Juta
Tribun Timur
Sejumlah lulusan SMU di Makassar melakukan pendaftaran di Unhas belum lama ini.
Laporan Wartawan Tribun Timur

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR
- Selain Universitas Hasanuddin (Unhas), dua universitas swasta di Makassar yang mengelola Fakultas Kedokteran juga melansir biaya masuk masing-masing Rp 85 juta untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh) dan sekitar Rp 74,8 juta untuk Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Tahun ini merupakan tahun ketiga penerimaan mahasiswa baru di FK Unismuh. Rencananya, Unismuh akan menerima 120 orang. Jumlah ini bertambah menjadi 25 orang dibanding tahun lalu yang hanya 95 orang.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unimsuh Abdul Rahman Rahim, mengatakan, penambahan kuota ini setelah evaluasi penyelenggara pendidikan oleh Konsul Kedokteran Indonesia (KKI) dan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Departermen Pendidikan Nasional RI.

"Setiap tahun mereka melakukan evaluasi dan mereka merekomendasikan tentang penambahan jumlah mahasiswa baru yang diterima," katanya.

Penambahan kuota ini karena meningkatnya kualitas pengajaran di FK Unismuh sehingga dapat mendongkrak jatah penerimaan maba.

FK Unismuh di tahun pertama, 2008 lalu, hanya menerima 55 maba. Rahman mengatakan, biaya kuliah di FK Unismuh Rp 85 juta. Biaya pembangunan ini bisa diangsur selama dua kali yakni pertama Rp 50 juta kemudian yang keduanya Rp 35 juta.

"Biaya ini sudah include (termasuk semuanya). Tidak ada lagi biaya setelah itu, karena biaya ini sudah termasuk biaya praktikum. Sementara untuk biaya SPP-nya Rp 7 juta per semester," katanya.

Tahun ini, kinerja FK Unimuh yang terus membaik berhasil meraih bantuan hibah kompetisi sebesar Rp 15 miliar pada Kompetisi Pengembangan Fakultas Kedokteran dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) RI.

Selain meningkatkan kulitas fasilitas yang dimiliki, juga dilakukan pembenahan kualitas sumber daya manausia (SDM) pengajarnya. Baru-baru ini, FK Unimuh menerima 17 dosen muda.

"Dosen muda ini segera kita sekolahkan ke program spesialis atau ke S2 kodokteran," katanya. Proses perkuliahan untuk para dosen muda di FK Unimuh ini akan dilaksanakan secara bertahap.

Pendaftaran mahasiswa baru di Unismuh mulai dibuka hingga 20 Agustus mendatang. Formulir pendaftaraan dapat diperoleh di Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar.

Sementara itu, Dekan FK Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Prof Dr dr Razak Datu mengatakan, tahun ini, UMI membuka penerimaan mahasiswa baru di kampus yang berlokasi di Jl Urip Sumoharjo.

"Sekarang sementara pendaftaran sampai 17 Agustus mendatang. Ujian tes-nya 18 Agustus. Syarat masuk FK hanya satu yakni lolos tes," kata saat dihubungi via ponselnya tadi malam.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos pada penerimaan mahasiswa baru tersebut akan membayar SPP sebesar Rp 14,3 juta yang dibayar oleh mahasiswa satu kali selama menjadi  mahasiswa FK UMI.

Sementara untuk biaya BPP sebesar Rp 5,5 juta per semester. Selain itu, ada juga dana wakaf, dana wakaf ini bervariasi. Namun, yang paling kecil adalah Rp 55 juta.

Pendafataran mahasiswa baru untuk fakultas ini dapat dilakukan di kampus II UMI Jl Urip Sumoharjo, Makassar.
Editor: Anwar Sadat Guna
Sumber: Tribun Timur

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas