Jacob Oetama Dapat Sertifikat Ahli Dewan Pers

Pemimpin umum Kompas Gramedia, Jacob Oetama beserta 20 nama lainnya hari ini mendapat sertifikat ahli dari Dewan Pers

Jacob Oetama Dapat Sertifikat Ahli Dewan Pers
TRIBUNNEWS.COM/ALIE USMAN
Ketua Dewan Pers Bagir Manan menyerahkan penghargaan Sertifikat Ahli kepada Pimpinan Umum Harian Kompas Jacob Oetama yang diwakili Wakil Pimp Perusahaan Kompas ST Sularto
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin umum Kompas Gramedia, Jacob Oetama beserta 20 nama lainnya hari ini mendapat sertifikat ahli dari Dewan Pers sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan kredibilitas mereka dibidang pers.

Mereka yang mendapatkan sertifikat tersebut merupakan tokoh pers yang merupakan mantan anggota Dewan Pers serta dianggap kompeten dan berdedikasi terhadap perkembangan dunia pemberitaan nasional.

Bagir Manan, Ketua Dewan Pers mengatakan, pemberian sertifikat staf ahli dari Dewan Pers tersebut merupakan formalitas keahlian yang diberikan pihaknya terhadap para penerima yang nantinya bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan persoalan perkara hukum yang menyentuh media massa.

"Dalam perkara pengadilan, Keterangan ahli dari dewan pers sangat diperlukan. Mereka yang merupakan mantan anggota dewan pers, otomatis menjadi tenaga ahli dewan pers. Sertifikat ini sebagai formalitas, pengakuan keahlian mereka dibidang pers. Nanti bisa digunakan jika ada perkara hukum yang menyangkut pers," ujar Bagir Manan saat menyerahkan sertifikat ahli kepada 21 tokoh tersebut di Kantor Dewan Pers, Jakarta. Jumat (30/7/2010).

Selain memberikan sertifikat ahli bagi Jacob Oetama dan kawan-kawan, pihak Dewan Pers juga mengatakan sedang bekerja sama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan pemahaman bagi wartawan maupun masyarakat secara luas termasuk instansi-instansi pemerintahan mengenai undang-undang hukum pers, selain meningkatkan pengetahuan wartawan mengetahui seluk-beluk jurnalistik dan kembali memahami kode etik jurnalistik.

Penyerahan sertifikat ahli dari dewan pers tersebut dilakukan di ruang utama Dewan Pers dan hari ini dihadiri 14 orang mantan anggota Dewan Pers. Bagir Manan mengatakan, sebetulnya hingga saat ini sudah ada 24 orang anggota Dewan Pers, tiga orang diantaranya sudah meninggal dunia.

Penerima sertifikat ahli dari Dewan Pers hari ini adalah Jacob Oetama, Gunawan Muhamad, Surya Paloh, Azkarmin Zaini, Atmakusumah Astraatmadja, Benyamin Mangkudilaga, dan Prof Dr Bachtiar Ali. Mereka merupakan anggota Dewan Pers periode 2000-2003.

Sementara periode 2003-2007, yang mendapat sertifikat adalah, Prof Dr Ichlasul Amal, Hinca I P Panjaitan, DR Sulastomo, Ir Santoso, Uni Zulfiani Lubis, DR Sutomo Parasthio, Amir Efendi Siregar, Sabam Leo Batubara, dan Garin Nugroho.

Sedangkan Wikrama Iryans Abidin, Bambang Harymurti, Abdullah Alamudi, Bekti Nugroho, Wina Armada Sukardi, merupakan anggota Dewan Pers periode 2006-2009.

Penulis: Alie Usman
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved