Kamis, 18 Desember 2014
Tribunnews.com

Kolonel Iwan: Komandan Upacara Juga Tes IQ

Selasa, 17 Agustus 2010 19:48 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siapa sangka jika petugas Komandan Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke 65 RI di Istana Negara, Jakarta juga dipilih lewat seleksi ketat. Para kandidat dari korps Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Kepolisian harus menjalani serangkaian tes sebelum didapuk menjadi Komandan Upacara.

Demikian disampaikan Kolonel Iwan Isnurwanto saat ditemui Tribunnews.com, usai menjalankan tugas sebagai Komandan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2010).

"Dites semua, baik sikap, fisik, semuanya dilihat. Kemudian bagaimana kepribadiannya, juga di tes IQ," ungkap Iwan yang saat ini tercatat sebagai Komandan Pangkalan Laut TNI AL di Batam, Propinsi Kepri.

"Bahwa siapa yang bertugas sebagai Komandan Upacara di Istana dalam rangka memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan, itu tidak serta merta ditunjuk atau dipilih. Tetapi melewati proses seleksi," katanya.

Iwan menuturkan awalnya TNI AL menyeleksi 12 perwira menengah untuk menjadi kandidat Komandan Upacara. Dari seleksi internal itu, dipilih empat orang yang akan menjalani tes bersama kandidat lainnya di Cibubur, Jakarta Timur.

"Dari situ masing-masing angkatan diambil dua (kandidat) yang kemudian bersama-sama digodok di Kalibata dan Istana," ujar Iwan.

"Dari sini lah kemudian dipilih. Yang memilih bukan panitia saja, tapi juga pejabat-pejabat yang berkompeten untuk melaksanakan pemilihan tersebut," lanjutnya.

"Itu pun tadi malam dilaporkan kepada Bapak Presiden kesiapan akan bertugas. Akhirnya tadi pagi ditetapkan siapa yang bakal menjadi petugas untuk Upacara Pengibaran Bendera dan penurunan bendera," pungkas Iwan yang baru menjabat sebagai Danlanal Batam sejak 5 Maret lalu.
Penulis: M. Ismunadi
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas