• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

Nuansa Bali Dominan di Istana Negara

Selasa, 17 Agustus 2010 13:11 WIB
Nuansa Bali Dominan di Istana Negara
Tribunnews.com/Ismanto
Upacara pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan hari kemerdekaan RI
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suasana menyambut hari kemerdekaan ke-65 RI hari ini, membawa  suasana yang cukup artistik  di lingkungan Istana Negara. Selain dihiasi berbagai macam bunga dan sederatan bendera merah putih di setiap sisi dan pagar serta seluruh ruang di Istana Negara, semuanya ditata dengan ciri khas budaya Bali.

Sejak dua hari lalu, lingkungan istana dijaga sangat ketat dan steril, terutama di lokasi depan istana sebagai pusat perhelatan terakbar, prosesi detik-detik Proklamasi hari kemerdekaan RI.

Nuansa Bali memang sangat kental dirasakan dalam perayaan HUT RI kali ini. Ketika memasuki  ruang pemeriksaan di dalam istana, kita langsung disuguhi alunan musik bambu yang dimainkan sepuluh orang. Kehadiran tamu yang berasal dari berbagai kalangan cukup terhibur dengan alunan musik bambu yang sangat merdu dan sangat romantis alunan musik jegog ini.

Bahkan semua penabuh jegog yang rata-rata semuanya pria juga menggunakan busana serta aksesoris Bali. Selama dua hari ini mereka berlatih secara serius dan menempati halaman samping Bina Graha

Masuk ke halam berikutnya, suasana khas Bali makin terasa, seperti tiang tenda yang dibuat untuk santap buka puasa juga diselimuti dengan kain kotak kotak khas Bali.

Rangkaian tali berhiaskan bunga menggantung di tiang yang dibentuk menyerupai obor bambu, sedangkan di sisi kiri dan kanan tiang tersebut dihiasi penjor.

Dari buku panduan acara yang dibagikan pada tamu, disebutkan hari ini juga ada acara kesenian perayaan HUT ke-65 RI. Dalam daftar isinya disebutkan dalam acara penaikan bendera terdiri dari aubade, musik jegog, musik tradisional anak dan musik tarling.

Saat penurunan bendera ada musik Padang Pariaman, musik degung, organ tunggal Polri, vokal grup Nuku Voice, marching band Garudan dan TK Anissa serta band prov Banten, kesenian massal Indag Tabuik, kesenian massal barongsai.

Sementara dalam agenda resepsi kenegaraan ada musik siteran, orkestra Purwacaraka, tari kembang pegon, dan grup penari Rumingkang yang ngetop dalam mencari bakat Trans TV ini.
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
41442 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas