• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

The Coca-cola Foundation USA Bangun Asrama Pondok Pesantren di Padang

Kamis, 26 Agustus 2010 16:39 WIB
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - The Coca-Cola Foundation USA melalui Coca-Cola Indonesia bekerjasama dengan PKPU dan Palang Merah Indonesia telah menyelesaikan pembangunan  Gedung Asrama Pondok Pesantren Ar Risalah Padang, serta 200 bangunan sederhana tahan gempa dengan konsep rumah tumbuh.  

Pembangunan yang menghabiskan dana US$ 173.000 (atau sekitar Rp 1,55 miliar) diberikan kepada korban bencana gempa di Padang.

Bantuan gedung asrama Pesantrenini ditujukan untuk menggantikan bangunan asrama yang sebelumnya rusak akibat gempa 30 September 2009 lalu.

The Coca-Cola Foundation USA merupakan lembaga nirlaba yang dimiliki oleh The Coca-Cola Company dan banyak menyalurkan bantuan sosial ke berbagai Negara. Kami gembira bahwa The Coca-Cola Foundation USA melalui Coca-Cola Indonesia dapat turut meringankan penderitaan sebagian korban bencana gempa Padang,” kata Titie Sadarini, Corporate Affairs Director PT Coca-Cola Indonesia.

Pembangunan asrama pesantren dilakukan melalui kerjasama dengan PKPU. Selain bangunan asrama pesantren, sementara pembangunan 200 bangunan sederhana tahan gempa dengan konsep rumah tumbuh dilakukan melalui kerjasama dengan Palang Merah Indonesia, tambah Titie.

Bantuan untuk korban gempa Padang ini merupakan kelanjutan dari bantuan pada periode tanggap darurat berupa minuman dan obat-obatan.

Asrama Pondok Pesantren Ar-Risalah bantuan The Coca-Cola Foundation USA ini memiliki disain ramah gempa dan mampu menampung sebanyak 64 orang lebih dan secara resmi akan segera diserahterimakan dari PKPU Padang dan  Coca Cola Indonesia mewakili The Coca-Cola Foundation USA selaku donatur kepada pihak Ponpes. Pembangunan asrama ini sendiri menelan dana sekitar Rp 600 juta.

Saat ini Pondok Pesantren Ar Risalah – yang merupakan salah satu pondok pesantren unggulan ini - terdapat sekitar 600 lebih santri putra dan putri yang mondok.

Menurut Pimpinan Ponpes Ar Risalah, Ustadz Irsyad, gedung asrama  sumbangan The Coca-Cola Foundation USA ini tergolong megah dibanding bangunan asrama lainnya. Beliau menyampaikan terimakasih kepada The Coca-Cola Foundation USA  dan Coca-Cola Indonesia atas sumbangan yang diberikan kepada Pondok Pesantren Ar Risalah.

Ponpes Ar Risalah termasuk pondok pesantren favorit  yang menjadi incaran siswa-siswa, karena telah mengukir sejumlah prestasi. "Tahun ini saja dari 700-an lebih yang mendaftar, hanya dapat ditampung sekitar 160-an orang saja,” kata Ustadz Irsyad.

Sementara itu, bantuan 200 bangunan sederhana tahan gempa dengan konsep rumah tumbuh juga telah dipergunakan oleh masyarakat korban gempa sejak awal tahun. Bangunan sederhana yang dibangun melalui kerjasama dengan palang Merah Indonesia (PMI) ini dirancang dengan struktur tahan gempa, namun menyediakan kemungkinan bagi penghuninya untuk memperluas serta mempercantik bangunan tersebut sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan selera masing-masing penghuni rumah.

Coca-Cola di Indonesia telah beberapa kali melakukan upaya bantuan terhadap korban bencana alam, seperti pembangunan sekolah dan pembangkit listrik untuk korban gempa dan Tsunami di Aceh  serta pembangunan rumah tahan gempa untuk korban gempa di Yogya.

oro

Editor: Toni Bramantoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
43883 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas