• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Antropolog UGM: Bung Karno Lahir di Surabaya

Minggu, 29 Agustus 2010 20:28 WIB
Antropolog UGM: Bung Karno Lahir di Surabaya
ist
Foto Soekarno waktu kecil
TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA- Presiden pertama RI Ir Soekarno ternyata lahir di Pandean, Surabaya. Fakta sejarah ini diungkapkan pakar sejarah dan antropolog UGM Jogjakarta Nurinwa Hendrowinoto dalam seminar Pelurusan Sejarah Tempat Kelahiran Soekarno di Balai Pemuda, Surabaya, Sabtu (28/8).

Sebelum menyimpulkan tentang kelahiran Bung Karno, ia lebih dulu melakukan kajian ke sejumlah daerah mulai dari Grobogan, tempat buyut Bung Karno dimakamkan, Tulungagung (tempat ayah Bung Karno, Soekemi Sosrodihardjo mengajar), hingga ke Kraksaan dan Buleleng.

Dari Buleleng, ia mendapat temuan ayah Soekarno dipindah ke Surabaya tahun 1901. Dan pada 1902 Soekarno lahir. “Kalau akhirnya dibuat 1901 itu mungkin untuk memudahkan sekolahnya saja,” ujar Nurinwa.

Jika selama ini tercatat kelahiran Bung Karno di Blitar, dinilainya tak tepat, karena kota itu baru disinggahi ayahnya beberapa tahun setelah singgah di Ploso, Sidoarjo dan Mojokerto.

Fakta lain adalah tempat mengajar ayahnya di Jl Sulung."Saya cek di SD Sulung ternyata Pak Ruslan Abdul Gani dan Megawati pernah datang ke sana. Mega mengakui kakeknya pernah mengajar di sana," katanya.

Yuke Ardhiati, pengajar Universitas Trisakti Jakarta mengungkapkan, fakta Surabaya mempengaruhi jiwa Bung Karno. Ini terlihat dari kecintaannya pada unsur air karena sering bermain di Kalimas. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh istana presiden dan rumah pribadinya memiliki kolam dengan bunga teratai.

Sementara itu Wali Kota Bambang DH bertekad mengirimkan surat ke Sekneg untuk mengingatkan kembali fakta sejarah ini. "Surat akan didukung dokumen-dokumen. Semoga segera diluruskan," ujarnya.

Sebagai penghargaannya, Bambang menamakan ruas jalan MERR dengan nama Soekarno. Dia juga sudah menandatangani prasasti tempat kelahiran dan pencanangan pembuatan monumen Bung Karno. (*)
Editor: Iswidodo
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
44581 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas