• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 1 September 2014
Tribunnews.com

Mari Bandingkan Kekuatan Militer Indonesia vs Malaysia

Selasa, 31 Agustus 2010 00:06 WIB
TRIBUNNEWS.COM- Hubungan negeri serumpun antara Indonesia dengan Malaysia kian memanas. Hal itu tersulut oleh ulah Malaysia yang menangkap 3 petugas DKP Kepri di Tanjung Berakit wilayah resmi Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso akhir pekan lalu di Jambi, menegaskan siap  menjaga kedaulatan negara, integritas, dan keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa.

Beberapa hari kemudian, PM Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengaku tidak takut dan memperingatkan Indonesia agar aksi demonstrasi terhadap Malaysia akan menimbulkan kemarahan dan reaksi negatif dari rakyat Malaysia.

Situasi kian memanas. Di dunia maya beredar kesiapan perang Malaysia dengan Indonesia seperti misalnya yang ditampilkan di situs http://www.topix.com/forum/world/malaysia.

Bahkan ajakan perang itu beredar di kalangan pengguna Blackberry Massenger di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, yang berbatasan laut dengan Malaysia.

Nah, bagaimana sebenarnya kekuatan tempur termasuk alat utama sistem persenjataan (alutsista) serta personel tentara kedua negara.

Tribunnews.com merujuk pada buku berjudul "Pertahanan Negara dan Postur TNI Ideal" karya pengamat militer Universitas Indonesia, Connie Rakahundi Bakrie.

Buku ini diluncurkan istri Mantan Pangkostrad Letjen TNI (Purn) Djaja Suparman pada 2007 lalu di gedung DPR RI, memuat antara lain perbandingan alutsista TNI dengan negara dunia dan utamanya di Asia Tenggara.

Perbandingan Persenjataan:

- Alutsista jenis tank, Indonesia hanya memiliki 350 unit kalah dari Singapura 450 unit meski luas wilayah Indonesia hampir 3.000 kali lebih besar dari Singapura.

Di Asia Tenggara, jumlah tank yang dimiliki TNI AD hanya berada di posisi keempat setelah Vietnam 1.935 unit, Thailand 848 unit, Singapura 450 unit, dan Indonesia 350 unit.

Untuk Malaysia tidak disebutkan jumlah kepemilikan tank- nya namun yang jelas di bawah Indonesia. Untuk kemampuan dukung tank terhadap personel AD-nya, Singapura masih teratas sedangkan Indonesia di posisi keenam.

- Untuk kekuataan artileri yang dimiliki TNI AD jauh lebih banyak dari Singapura dengan jumlah mencapai 1.060 unit artileri yang digolongkan menjadi dua kategori jenis T dan Mortir.  Keunggulan artileri Singapura adalah karena terdiri dari berbagai ragam artileri. 

Di Asia Pasifik, dengan jumlah artileri sebanyak itu Indonesia hanya di posisi ke-13. Di negara Asia Tenggara, Indonesia di urutan ketiga setelah Vietnam (3.040 artileri) dan Thailand 2.473 artileri.

Dengan demikian kemampuan dan jumlah artileri yang dimiliki Malaysia berada di bawah ketiga negara ini.

- Di Asia Tenggara  hanya ada tiga negara yang memiliki kapal selam yaitu Indonesia (2 unit SSK), Singapura (3 unit SSK), dan Vietnam (2 unit SSI). Malaysia tidak disebutkan memiliki kapal selam.

SSK adalah kapal yang dimiliki Indonesia dan Singapura yang dapat dikategorikan tactical submarine berjenis SSK (patrol submarine) dilengkapi anti submarine warfare (ASW). Sementara SSI adalah kapal selam tenaga diesel.

- Untuk kapal perang jenis PSC, di Asia Tenggara Indonesia teratas dengan jumlah PSC 29 unit disusul Thailand, Vietnam dengan 11 PSC, Malaysia 11 unit PSC, dan Singapura 6 unit PSC.

Namun untuk kapal perang jenis PCC, Malaysia berad di peringkat atas dengan 185 unit disusul Thailand 110 unit sementara Indonesia hanya 23 unit yang terdiri dari 11 buah bertipe kapal patroli biasa dilengkapi senjata kaliber 20 mm, 4 unit lainnya diklasifikasikan dalam kapal patroli cepat dilengkapi SSM, 4 unit kapal patroli dilengkapi torpedo anti-submarine, dan sisanya 4 unit kapal patroli biasa.

- Secara umum untuk total pesawat tempur TNI-AU berjumlah 247 unit, RSAF (Angkatan Udara) Singapura 153 unit. Meski lebih banyak namun 53 persen pesawat tempur TNI-AU itu dikategorikan fighter dibandingkan milik Singapura. Di Asia Tenggara, Indonesia terbanyak dimana posisi kedua Vietnam 204 unit pesawat fighter dan Thailand (posisi keempat) 87 unit pesawat.

Malaysia tidak disebutkan namun yang jelas di bawah dari keempat negara yang disebutkan di atas. Jenis pesawat fighter TNI-AU terdiri atas F-5, F-16, Sukhoi, Su-30, dan 2 unit Su-27, F-5, dan berbagai jenis lainnya.

- Untuk helikopter
yang dimiliki TNI-AU hanya 38 unit terdiri atas dua jenis Assault dan Transport (tipe NAS-332L Super Puma serta NAS-330 Puma). Di Asia Tenggara, jumlah terbanyak helikopter dimiliki Singapura 110 unit, lalu AU Filipina 80 unit. Indonesia berada di peringkat ketujuh dari 10 negara Asia Tenggara. Malaysia tidak disebutkan apakah dibawah Indonesia atau diatasnya. (aco)
Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Iswidodo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
52 KOMENTAR
44887 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • irfan hadzrami-Selasa, 11 Maret 2014 Laporkan
    Bro, bukan semua orang jahat!!!, Kejahatan itu bergantung pada (
    individu)
  • RAJA GOPAL-Kamis, 3 Januari 2013 Laporkan
    mank kalian bru tw kalo negara malaysia pencuri en bajingan..
    malay sia tuh gak bs apa2 hanya bs mencuri hak negara orang..
    jadi maklumlah malaysia tuh gak berkreatif makanya rendang kalian aja dimilikin..
    saya dukung indonesia garuda selalu saya dukung l
  • BONDOL-Kamis, 3 Januari 2013 Laporkan
    MALAYSIA MATI KAU MALAYSIA ANJING KEPARAT IBLIS..FUCK YOU
  • Aldo Isa-Jumat, 10 Agustus 2012 Laporkan
    I LOVE INDONESIA,I HATE MALAYSIA,SEBALIKNYA
    I LOVE MALAYSIA FULLLLLLLLLLLLLLLLLL 100%
  • michael mario-Selasa, 24 Juli 2012 Laporkan
    dasar malaysia:maling asia,maling sial
  • luthfian japonz-Selasa, 26 Juni 2012 Laporkan
    BABI loe malingsya.
    (malaysia),ayo kita perang...!
  • sabre-Kamis, 31 Mei 2012 Laporkan
    malisya itu bulu keteknya inggris, tentaranya gendu2 latian dansa, plng yg perang british
  • russ evan-Minggu, 6 Mei 2012 Laporkan
    猀椀愀 愀欀愀渀 琀攀爀甀猀 洀愀樀甀⸀⸀ 䈀甀欀愀渀渀礀愀 洀甀渀搀甀爀 ਀猀攀瀀攀爀琀椀 愀渀最最愀瀀愀渀 洀愀氀椀渀最猀椀愀氀
  • Rachman Nurhakim-Rabu, 2 Mei 2012 Laporkan
    aku sebagai rakyat indonesia siap membela negara walau pun nyawa taruhan ya.
    jangan biarkan malaysia besar kepala.
    untuk pemimpin indonesia kalian harus tegas menjaga nkri jangan biarkan malaysia mengambil pulau-pulau kita lagi.
    apa bila harus perang saya
  • Dedy hidayat-Rabu, 1 Februari 2012 Laporkan
    Kita gak tau,mungkin indonesia pny senjata nuklir tp dirahasiakan
  • rio-Rabu, 1 Februari 2012 Laporkan
    salam sejahtera
    barusan saya liat berita, tni kita juara umum loh di ajang tembak yg tuan rumah nya brunai darusalam, yg lbih membanggakan TNI kita menjadi juara umum, yg di ikuti 10 negara, termasuk juga di dalamnya australia....aku bangga dengan TNI
  • Pandu Wiranata.S-Kamis, 5 Januari 2012 Laporkan
    anggaran milik negara jangan dikorupsi oleh pejabat pemerin tah tapi alokasikan ke alutsista untk perthanan negara agar rakyat aman dan tentram.kami para pemuda indonesia siap mengorban kan jiwa maupun raga demi kedau latan bangsa indonesia dan bangsa ind
  • Diego Simorangkir-Kamis, 5 Januari 2012 Laporkan
    malaysia terbelah dua satu di pulau kalimantan dan satu lagi di selat malaka maka kenapa takut indonesia hancur malaysia bila perlu jajah bangsa yg munafiq sok soleh ngak taunya perampok. dulu malaysia belajar sama indonesia jadi malaysia mantan murid yg
  • diego marnalom-Kamis, 5 Januari 2012 Laporkan
    harkat dan martabat suatu bangsa terletak di kekuatan militernya agar dpt menjaga wilayah dan bangsa asing tdk gampang meremeh kan untuk itu saya amat setuju pemerintah menyediakan anggaran untuk alutsista pertahanan negara
  • Rey wahyudi-Selasa, 3 Januari 2012 Laporkan
    Indonesia harus menjadi yang terkuat, mengingat masyarakat banyak dan kaya akan alam. Jangan utamakan hanya dengan uang, tapi carilah orang yg pintar untuk memajukan negara..
  • Abuaufa Aufa-Kamis, 22 Desember 2011 Laporkan
    malaisia yang dalam mata DHOHIR penduduk wanitanya mayoritas berkerudung, bahkan polisi PRnya pake jilbab semua,pokonya "seakan-akan" suci lah, tapi sejatinya mereka semua PENCURI ULUNG!!!! liat aja mereka mencuri "merampas" pulau-pulau di indonesia, menc
  • Danang Alay-Minggu, 16 Oktober 2011 Laporkan
    ganyang malaysia
  • Achamd Shiddiq-Sabtu, 8 Oktober 2011 Laporkan
    MERDEKA ATAU MATI......
    kita pasti bisa mengalahkan malingsia karna kita bangsa yg tak akan pernah
    penyerah sampai titik darah penghabisan......
  • Afif Al Akbar-Jumat, 23 September 2011 Laporkan
    udhlah malaysia ...
    ada2 sja mau lawan indonesiaku .. gk akan bisa dehhh
    indonesia aja urutan ke-14 negara terkuat di dunia ,, malaysia mn adaaa
  • Tarsisius-Jumat, 2 September 2011 Laporkan
    Malasia harus dibumi hanguskan..dasar pengecut,,mengapa indonesia melepaskan sang biadap itu?hancurkan mereka dalam waktu dekat.
  • Tampilkan lainnya
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas