Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

BERITA FOTO: Ini Dia Bunga Kamboja Berkelopak 4

Kamis, 2 September 2010 14:50 WIB

TRIBUNNEWS.COM -- Bunga Kamboja dikenal masyarakat sebagai bunga kuburan dan memiliki kesan seram. Kita sering menjumpai bunga ini apabila kita melintas tempat pamakaman. Akan terlihat pohon bunga-bunga kamboja putih yang kadang bisa membangunkan bulu kuduk kita.

Namun di Pulau Bali, bunga ini banyak ditanam di 'Pura'  (tempat beribadah). Bunga kamboja atau bunga Jepun berwarna putih - kuning dan wajib ditanam bagi masyarakat Bali. Karena setiap melakukan upacara adat dan upacara keagamaan, bunga ini  bagi wanita akan diselipkan digelungan kondenya sedang untuk laki diselipkan ditelinganya, hingga terlihat indah dan sakral.

Namun, pernahkah anda menghitung berapa helai kelopak bunga Jepun tersebut? Pada umumnya kelopak bunga jepun/kamboja 5 (lima).

Bagi masyarakat Pulau Bali  dan Jawa pun percaya, Jika seseorang mendapatkan Bunga Jepun atau Kamboja warna kuning putih yang berkelopak empat, enam, delapan atau sembilan, maka orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan dan memiliki banyak rezeki. Tapi kejadian ini sangat jarang dan dikategorikan langka karena kebanyakan berkelopak lima.

Ini adalah salah satu bunga kamboja berkelopak empat, mungkin sejuta banding satu atau semilyar banding satu, kejadian ini sangat langka. ternyata pohon Kamboja yang aku tanam kebetulan dekat 'Gua  Bunda Maria'  berbunga dengan 'Kelopak Empat' dan foto ini bunga yang ke-5. Foto  diambil gambarnya, Kamis (2/9/2010) pagi. (FX Ismanto)
Editor: Tjatur Wisanggeni

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas