• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribunnews.com

BERITA FOTO: Korban Gunung Sinabung Meletus Terkini

Sabtu, 4 September 2010 21:58 WIB
Laporan Tribun Medan, dedy Sinuhaji

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN
-  Berikut ini dirilis kondisi korban meletusnya Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara Jumat 3 September 2010 kemarin hingga kini Sabtu (4/9/2010)

Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara meletus pertama pada tanggal Minggu 29 Agustus 2010 dinihari, meletus lagi Senin jam 06.00 dan ketiga kalinya pada Jumat 3 September 2010 dinihari juga.

Gunung yang dinyatakan sebelumnya sebagai type B pada beberapa jam sebelum meletus itu menggemparkan dan mengagetkan karena  sebagian warga sudah kembali ke kampung halaman

Pada Sabtu, 29 Agustus sekira pukul 17.00 Sinabung sudah dinyatakan relatif aman karena sudah terbentuk kawah baru.

Sore menjelang malam, untung masyarakat tidak segera kembali ke kampung halaman di radius 6 kilometer dari kawah.

Pengungsi berjumlah sekitar 29  ribu sudah meninggalkan kampung halaman. Tapi kemudian sekitar 5 ribu pengungsi balik ke rumahnya. Gunung Sinabung benar benar meletus dan mengagetkan semua pihak hingga BMKG langsung menyatakan Tipe A alias bahaya.

Gunung itu meletus lagi Jumat 3 September 2010 dinihari juga.  Setelah tiga malam tinggal di pengungsian, akhirnya 31 pengungsi harus dirawat inap di RSUD Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Sebagian besar dari 31 pengungsi itu menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Para pengungsi dirawat inap. Karena keterbatasan alat dan fasilitas di posko pengungsian. Dari data posko, dari 2.087 Pengungsi yang sakit, 1.144 orang menderita ISPA.

Gunung itu pun masih bahaya dengan  mengeluarkan asap tebal dan debu vulkanik hingga Sabtu (04/9/2010) malam ini.

Petugas vulkanologi menyatakan, gunung berapi ini masih berstatus awas atau level IV.  Pemerintah juga meminta masyarakat yang bermukim dan beraktivitas dalam radius enam kilometer dari kawah aktif mengungsi ke tempat aman.  (*)
Editor: Iswidodo
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
46237 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas