• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

Ketua Kwarnas: Pramuka Bukan Organisasi Kepemudaan

Selasa, 28 September 2010 14:30 WIB
Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Kepramukaan masih terus didalami Panja di Komisi X DPR RI dengan akan memasukan organisasi ini kedalam Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Lalu apa yang terjadi bila Pramuka bukan lah organisasi kepemudaan tetapi organisasi pendidikan?. "Organisasi Pramuka bukan organisasi kepemudaan tapi organisasi pendidikan. Saya menolak bila Pramuka dimasukan ke dalam organisasi kepemudaan,"kata ketua Kwarnas Azrul Azwar saat ditemui di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Selasa (28/9/2010).

Sejak awal berdiri Pramuka berada dibawah Departemen Pendidikan Nasional tepatnya di bawah Dirjen Kepemudaan dan Olah Raga. Tapi kemudian Dirjen tersebut berubah menjadi Departemen atau Kementrian sendiri dan Pramuka ikut didalamnya.

"Kita tidak mempermasalahkan kementrian mana yang mmbawahi kita,"ungkap Azrul.

Saat ini, Pramuka di Indonesia hanya dilindungi oleh Keputusan Presiden saja. "Itu tidak cukup kuat tergantung kebijakan presiden. Dengan memiliki undang-undang kita justru lebih kuat,"katanya.

Dalam pembentukan RUU Pramuka tersebut, Ketua Kwarnas menginginkan bahwa tidak adalagi organisasi di dalam organi kepramukaan seperti Hizbul Waton dan sebagainya yang ingin berdiri sendiri.

"Pramuka itu di seluruh negara hanya satu, tidak ada dua. Bila banyak sepert itu, maka bangsa ini akan terkotak-kotak dan yang rugi bangsa Indonesia sendiri," tegasnya.
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Prawira Maulana
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
51633 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • ''-Hary Eko Prajuwito-''-Senin, 18 Oktober 2010 Laporkan
    oo pantes, makanya jadi organisasi KeDEWASAan. Makanya, yang Muda selalu jadi ALAT untuk melanggengkan kekuasaan bagi yang Orang Dewasa
  • padid33-Senin, 4 Oktober 2010 Laporkan
    Setuju, Pramuka tetap dibawah DepDikNas untuk jenjang Siaga, Penggalang dan Penegak. Yang selanjutnya boleh deh masuk Kementrian Pemuda dan olah Raga yang mungkin bisa jadi alat politik.....
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas