Damien: Harusnya Ahmadiyah Dibikin Seperti Protestan

Ketua Gerakan Peduli Pluralisme, Damien Dematra menilai, konflik tak berkesudahan antara kelompok

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Gerakan Peduli Pluralisme, Damien Dematra menilai, konflik tak berkesudahan antara kelompok jamaah Ahmadiyah dengan sebagian masyarakat Islam, khususnya masyarakat yang lokasinya dekat dengan tempat kelompok tersebut menetap, merupakan persoalan yang harus diselesaikan dan dicari jalan tengahnya secara keyakinan.

Damien berpendapat jika Ahmadiyah tetap mengakui kelompoknya sebagai bagian dari Islam meski sebagian ajarannya ada yang berbeda, maka sudah seharusnya mereka berdialog mencari penyelesaian dengan tokoh Islam.

Bisa saja, Ahmadiyah mendeklarasikan diri sebagai golongan lain pecahan Islam, seperti halnya Kristen yang terbagi menjadi Katolik dan Protestan.

"Harusnya Ahmadiyah dibikin saja seperti Kristen. Kristen itu bisa dibagi jadi Protestan. Saya kira mereka juga bisa saja seperti itu. Tapi itu baru wacana dan sebatas usul. Perlu dibicarakan lagi," ujar Damien di Jakarta. Selasa (5/10/2010).

Damien menilai, membuat kompromi seperti itu bisa saja dilakukan sebagai salah satu langkah dalam menangani persoalan Ahmadiyah tersebut. Ia melihat, persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik tanpa membuat konflik tersebut meluas menjadi konflik kekerasan secara fisik.

"Belajar dari pengalaman sejarah agama masa lalu, konflik kristen juga sama soal akidahnya. Jadi kalau Ahmadiyah tetap seperti ini kenapa tidak dibikin seperti Protestan saja," ujarnya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help