• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

Survey LSI: Demokrat dan Golkar Diprediksi Menang Pemilu 2014

Kamis, 14 Oktober 2010 14:31 WIB
Survey LSI: Demokrat dan Golkar Diprediksi Menang Pemilu 2014
RUMGGAPRES/ABROR
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Meski pesta demokrasi masih empat tahun lagi digelar, kekuatan partai-partai politik sudah diprediksi. Dari hasil survey yang dilakukan Lingkaran Survey Indonesia (LSI), Partai Demokrat dan Golkar mendapatkan dukungan lebih tinggi dibanding dukungan yang diterima di 2009 lalu. Dari hasil ini kemudian terungkap, PDI-P menjadi partai yang akan membayangi Demokrat dan Golkar pada Pemilu 2014 mendatang.

Survey dengan jumlah 1.000 responden dari 33 provinsi itu diadakan pada akhir September hingga Oktober 2010. Suvey dilakukan dengan metode tatap muka dengan sistem multistage random sampling. Margin of error plus minus, 3.2 persen.

"Demokrat dan Golkar mendapatkan dukungan lebih tinggi dibandingkan dukungan yang diterima pada Pemilu 2009. Semakin terbuka, kedua partai ini menjadi pemenang Pemilu. Sementara PDI-P membayangi dua partai itu," kata peneliti LSI Network, Barkah Pattimahu saat memaparkan hasil survey di Cafer Pisa, Mahakam, Kamis (14/10/2010).

Meski mendapat serangan bertubi-tubi, namun berdasar survey Partai Demokrat masih mendapat tempat di mata masyarakat. Isu penggulingan Presiden SBY juga tak mempengaruhi masyarakat.

"Gerakan itu dianggap sebagai gerakan mengkritisi saja. Publik tetap memiliki persepsi lain, pemerintah dianggap masih sejalan, masih dianggap sesuai harapan. Masih bisa makan, minum meski belum bisa naik mobil mewah," ujarnya.

"Dukungan yang besar kepada SBY pada Pilpres 2009, berefek bertambahnya dukungan kepada partainya, Demokrat. Namun, jika dibandingkan dengan tahap awal SBY menjadi presiden, dukungan Demokrat, justru merosot," katanya lagi.(*)
Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Juang Naibaho
0 KOMENTAR
55734 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas