Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Hanura Kritik Pertemuan Pimpinan Lembaga Negara dengan SBY

Senin, 18 Oktober 2010 22:15 WIB

Hanura Kritik Pertemuan Pimpinan Lembaga Negara dengan SBY
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Akbar Faisal
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Pertemuan Presiden SBY dengan para pimpinan lembaga tinggi negara yang dipimpin Ketua MPR Taufik Kiemas di Gedung MPR/DPR, Senin (18/10/2010), mendapat kritikan oleh Ketua DPP Partai Hanura, Akbar Faisal. Akbar menegaskan, pertemuan ini makin menegaskan sistem ketatanegaraan yang kabur.

"Pertemuan presiden dengan MPR dan lembaga-lembaga tinggi negara hari ini semakin menegaskan betapa sistem ketatanegaraan semakin dibuat kabur. Seharusnya setiap lembaga negara melakukan tugasnya masing-masing seperti perintah konstitusi," kata Akbar Faisal kepada Tribunnews.com.

"Jangan menjebakkan diri pada negosiasi-negosiasi yang melemahkan konstitusi itu sendiri," imbuhnya.

Seharusnya, kata Akbar, presiden percaya diri melaksanakan pemerintahan sesuai mandat yang telah diterimanya. Pada sisi lain, lembaga-lembaga negara seperti MPR, DPR, atau MK terus menerus secara konsisten dan tegas menjaga tingkah laku kekuasaan untuk berada pada rel sebenarnya.

"Cara-cara yang dipertunjukkan oleh lembaga-lembaga negara, menggiring kita semua kepada sebuah pesimisme akan kualitas demokrasi yang matang," Akbar menandaskan.(*)
Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Juang Naibaho

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas