Hanura Kritik Pertemuan Pimpinan Lembaga Negara dengan SBY

Pertemuan Presiden SBY dengan para pimpinan lembaga tinggi negara mendapat kritikan oleh Ketua DPP Partai Hanura, Akbar Faisal.

Hanura Kritik Pertemuan Pimpinan Lembaga Negara dengan SBY
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Akbar Faisal
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertemuan Presiden SBY dengan para pimpinan lembaga tinggi negara yang dipimpin Ketua MPR Taufik Kiemas di Gedung MPR/DPR, Senin (18/10/2010), mendapat kritikan oleh Ketua DPP Partai Hanura, Akbar Faisal. Akbar menegaskan, pertemuan ini makin menegaskan sistem ketatanegaraan yang kabur.

"Pertemuan presiden dengan MPR dan lembaga-lembaga tinggi negara hari ini semakin menegaskan betapa sistem ketatanegaraan semakin dibuat kabur. Seharusnya setiap lembaga negara melakukan tugasnya masing-masing seperti perintah konstitusi," kata Akbar Faisal kepada Tribunnews.com.

"Jangan menjebakkan diri pada negosiasi-negosiasi yang melemahkan konstitusi itu sendiri," imbuhnya.

Seharusnya, kata Akbar, presiden percaya diri melaksanakan pemerintahan sesuai mandat yang telah diterimanya. Pada sisi lain, lembaga-lembaga negara seperti MPR, DPR, atau MK terus menerus secara konsisten dan tegas menjaga tingkah laku kekuasaan untuk berada pada rel sebenarnya.

"Cara-cara yang dipertunjukkan oleh lembaga-lembaga negara, menggiring kita semua kepada sebuah pesimisme akan kualitas demokrasi yang matang," Akbar menandaskan.(*)

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Juang Naibaho
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help