• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribunnews.com

Aktifitas Vulkanik Merapi Menuju Erupsi

Jumat, 22 Oktober 2010 19:56 WIB
Aktifitas Vulkanik Merapi Menuju Erupsi
TRIBUNNEWS.COM/BRAMASTO ADHY
Aktivitas Gunung Merapi yang mengeluarkan abu vulkanik.
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA
- Aktifitas vulkanik Gunung Merapi sejak statusnya ditingkatkan menjadi waspada (Per 20 September 2010) menunjukan adanya peningkatan aktivitasnya. Hal ini dikatakan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK) Subandriyo, di Yogyakarta, Jumat (22/10/2010).

”Berdasarkan hasil evaluasi data pemantauan yang dilakukan pada tanggal 21 Oktober 2010 kemarin, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas vulkanik Gunung Merapi yang signifikan dan dapat berlanjut ke kejadian erupsi,” terangnya, seperti disirakan kantor Kementerian ESDM.

Dikatakannya, sehubungan dengan hasil tersebut, maka status Gunung Merapi dinaikan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) dan berlaku mulai tanggal 21 Oktober 2010 pukul 18:00 WIB.

Oleh karena itu, imbuhnya, perlu dilakukan evaluasi secara cermat untuk disimpulkan dan kemudian dijadikan dasar untuk mengambil langkah-langkah mitigasi yang efektif.

Dirinya juga merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan di sekitar badan sungai-sungai yang berhulu di G. Merapi. Penambang  pasir pun dipintanya, tidak melakukan kegiatan penambangan dalam radius 8 km yang masuk dalam KRB III G. Merapi dan tidak melakukan aktifitas pendakian ke puncak G. Merapi.

Dia meminta pula kepada pemerintah Kabupaten Sleman, Boyolali, Magelang dan Klaten untuk mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.
Editor: Kisdiantoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
57855 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas