Syamsul Rakan Hakim Tipikor MA Pertama Asal Riau

Mahkamah Agung hari ini resmi melantik empat hakim ad hoc tindak pidana korupsi tingkat kasasi. Salah satunya adalah Syamsul Rakan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Agung hari ini resmi melantik empat hakim ad hoc tindak pidana korupsi tingkat kasasi. Salah satunya adalah Syamsul Rakan Chaniago. Ia merupakan hakim ad hoc tindak pidana korupsi pertama yang ditempatkan di Mahkamah Agung dan berasal dari Provinsi Riau.

"Saya hakim ad hoc tipikor yang ditaruh di MA dan pertama berasal dari Riau. Sebelumnya kan ada pak Abbas Said, tapi kan itu hakim agung biasa," ujar Syamsul saat ditemui usai acara pelantikan di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (27/10/2010).

Menurut Syamsul, dirinya mengaku sangat senang dan bahagia dirinya dapat terpilih sebagai hakim ad hoc tipikor tingkat kasasi. Ia pun menganggap hal tersebut anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Pertama saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akhirnya ada putra Riau tingkat di tingkat MA, " jelasnya.

Oleh karena itu, Syamsul berharap masyarakat di Riau diharapkan tidak melakukan perbuatan kejahatan korupsi. Sebab, jika muncul kasus tersebut, hal itu merupakan beban moral sendiri baginya lantaran menyandang status putra Riau.

"Kita berharap tidak banyak korupsi menjadi-jadi, agar saya tidak ada beban moral," jelasnya.

Saat ditanyakan terkait langkah apa yang akan dilakukan ke depan terkait terpilihnya Syamsul menjadi hakim ad hoc tipikor di Mahkamah Agung. Syamsul mengatakan pihaknya hanya sebagai tukang masak saja, selebihnya berasal dari KPK, Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

"Kita hanya tukang masak tergantung KPK, Kejaksaan dan Kepolisian apa di bawah kencang penyidikannya, nanti kita yang masak," tandasnya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved