TKW Dibunuh di Arab

Kemenlu Panggil Lagi Dubes Arab Saudi

Menlu Marty Natalegawa mengaku akan memanggil Duta Besar Arab Saudi terkait kasus penemuan jenazah Kikim Komalasari.

Kemenlu Panggil Lagi Dubes Arab Saudi
tribunnews.com/herudin
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Ismunadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengaku akan memanggil Duta Besar Arab Saudi terkait kasus penemuan jenazah Kikim Komalasari, TKI asal Cianjur, Jawa Barat. Pemanggilan kali ini merupakan yang ketiga kalinya untuk permasalahan terkait TKI asal Indonesia belakangan ini.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri sudah dua kali memanggil Dubes Arab Saudi untuk meminta penjelasan soal penyiksaan yang dialami Sumiati, TKI asal Dempo, NTB, yang mengalami penyiksaan di Arab Saudi.

"Hari ini kita panggil lagi Dubes Arab Saudi, tapi bukan hanya masalah Sumiati melainkan kasus yang baru terungkap tadi malam. Yaitu penemuan jenazah Ibu Kikim Komalasari," ungkap Marty saat ditemui di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (19/11/2010).

Marty mengatakan informasi penemuan jenazah Kikim diperoleh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah melalui jaringat satgas KJRI di Abha, Arab Saudi. Awalnya pihak kepolisian Arab Saudi mengira almarhumah adalah warga Bangladesh. Namun setelah beberapa waktu akhirnya diinformasikan bahwa jenazah tersebut adalah Kikim Komalasari, TKI asal Indonesia.

"Saat ini staf KJRI sedang meluncur ke Abha untuk memastikan jati diri almarhumah. Dan juga untuk mengambil langkah-langkah ke depan," katanya.

"Yang pasti proses hukum kami ketahui sudah bergulir. Majikan atau pihak yang dituduh melakukan tindak pidana ini sudah ditahan aparat kepolisian Arab Saudi," tegas Marty.(*)

Penulis: M. Ismunadi
Editor: Juang Naibaho
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help