TKW Dibunuh di Arab

PKB: Bawa Kasus Kikim ke Mahkamah Internasional

Marwan Jafar menyatakan pembunuhan terhadap Kikim Komalasari merupakan bentuk pelanggaran HAM terhadap buruh migran.

PKB: Bawa Kasus Kikim ke Mahkamah Internasional
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar menyatakan bahwa pembunuhan terhadap Kikim Komalasari, TKI asal Cianjur, Jawa Barat, merupakan bentuk pelanggaran HAM terhadap buruh migran. Karena itu, PKB mendesak Pemerintah Indonesia untuk membawa kasus Kikim ke Mahkamah Internasional.

Marwan menjelaskan bahwa tindakan tersebut di luar batas perikemanusiaan. TKW tersebut selain dianiaya dan lehernya digorok oleh majikannya di kota Abha, Arab Saudi. Bahkan, jasad Kikim dibuang ke tong sampah.

"PKB mendesak kepada pemerintah agar membawa kasus Kikim dan Sumiati ke Mahkamah Internasional," kata Marwan kepada Tribunnews.com, Jakarta, Jumat (19/11/2010).

Di samping kesalahan individual majikan Kikim dan juga majikan Sumiati, insiden TKI ini menunjukkan lemahnya Pemerintah Arab Saudi dalam memberikan perlindungan kepada TKI. "Hal ini juga menunjukkan bahwa kultur kekerasan masih tumbuh subur di sana. Janji mereka bahwa setiap TKI dilindungi justru tidak terbukti," ujarnya.

PKB pun meminta pemerintah menerapkan moratorium TKI, khusus PRT ke Arab Saudi atau negara-negara Timur Tengah lainnya, selama mereka tidak mau membuat MoU atau perjanjian yang dapat melindungi TKI dari tindakan kekerasan.

"Selama kultur kekerasan di Arab Saudi masih ada, maka ada baiknya pengiriman PRT dihentikan. Moratorium ini adalah bagian dari diplomasi politik dan sebuah bentuk tekanan kepada pemerintah Arab Saudi agar mereka bersedia membuat kesepakatan dengan pemerintah RI dalam perlindungan TKI," terangnya.(*)

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Juang Naibaho
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help