Polisi Bekuk Kelompok Indramayu Spesialis Pencuri Mobil

Kawanan pencuri mobil kelas kakap yang dikenal sebagai kelompok Indramayu akhirnya dibekuk satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Barat.

Polisi Bekuk Kelompok Indramayu Spesialis Pencuri Mobil
Ferdinand Waskita/Tribunnews.com
Kelompok Indramayu spesialis curi mobil dibekuk polisi
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kawanan pencuri mobil kelas kakap yang dikenal sebagai kelompok Indramayu akhirnya dibekuk satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Barat. Mereka ditangkap saat sedang beraksi di tempat parkir di Jl. Dr. Muardi IV, Grogol, Jakarta Barat pada 1 November 2010 lalu.

"Empat pelaku akan mencuri mobil Avanza yang sedang parkir, namun berhasil digagalkan oleh anggota," kata Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Yazid Fanani di Mapolres Jakarta Barat, Rabu (24/11/2010).

Keempat pelaku tersebut berinisial TY (25), SK (33), SC (31) dan AS (38) dan berasal dari wilayah Indramayu, Jawa Barat. Menurut keterangan pelaku, mereka baru menjalankan aksinya selama satu tahun, tetapi petugas yakin para tersangka adalah pemain lama.

"Ini jaringan lama, kita lihat, mereka telah mengambil 10 unit mobil berbagai jenis, kita mendapat informasi mobil tersebut dijual kembali di wilayah Jakarta dan luar Pulau Jawa," paparnya.

Petugas juga menyita satu tas peralatan untuk mencuri mobil yang berisi kunci letter T, bor besi dan obeng. Petugas juga menyita lima buah STNK palsu. Sedangkan 10 mobil hasil kejahatan terdiri dari mobil berjenis Mitshubishi, dua buah Toyota Avanza, Toyota Kijang Super, Suzuki Futura, dua unit Avanza, Land Cruiser, Inova dan Krista Silver.

Petugas juga menangkap satu perantara berinisial DN dan dua penadah. Namun penadah tersebut akhirnya dibebaskan karena tidak mengetahui bila mobil yang hendak dibeli ternyata barang curian.

Yazid menghimbau kepada masyarakat agar mengunci kendaraannya dengan kunci tambahan agar terhindar dari pencurian. "Karena kelompok ini dalam mencuri mobil sangat cepat, estimasinya 10 menit bahkan kurang dari itu," tukasnya.

Polisi menjerat pelaku dengan pasal 363 dan 480 tentang pencurian dengan pemberatan dan pertolongan jahat dan hukumannya diatas lima tahun penjara.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved