Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Amien Rais: Orde Baru, Kerajaan Berbentuk Republik

Sabtu, 21 Mei 2011 21:34 WIB

Amien Rais: Orde Baru, Kerajaan Berbentuk Republik
Tribunnews.com/Bian Harnansa
Istri Komjen Susno Duadji, Herawati menyerahkan surat kepada Amien Rais di kediamannya, Jakarta, Sabtu (12/6/2010)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Setiaji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Amien Rais menilai, selama rezim orde baru hanya formatnya saja yang demokrasi. Sejatinya, orde baru adalah otoriter atau seperti kerajaan berbentuk republik.

Amien menyampaikan hal tersebut dalam sebuah diskusi publik bertemakan Refleksi 13 Tahun Reformasi Mewujudkan Cita-cita Yang Tertunda di gedung Joeang, Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (21/5/2011). Menurutnya pemilihan umum (pemilu) pada rezim orde baru sudah ditentukan targetnya sebelum pemilu dilangsukan.

"Kalau dibilang targetnya Golkar menang 80 persen atau 75 persen, yah nantinya segitu hasilnya. Sebelum pemilu sudah tahu hasilnya. Alhamdulilah ini cuma ada di Indonesia," ujar Amien.

Amien juga menyoroti kursi parlemen selama masa orde baru, dimana menurutnya pada saat itu gedung parlemen penuh akan nepotisme. Amien berpendapat isi gedung parlemen hanya anak, mertua, dan ipar dari kepala negara saat itu. Sehingga hanya formatnya saja demokrasi tetapi sesungguhnya negara ini hanya dijalankan oleh satu keluarga besar.

"Dulu itu, belum dipilih fraksi ABRI sudah pasti dapat kursi 20 persen," ucapnya.

Lebih lanjut Amien berpendapat bahwa pada masa orde baru hanya presiden dan wakil presiden saja yang tidak mengikuti penataran P4. Bila ada yang tidak mengikuti P4 maka dianggap musuh negara. "Itu karena pada zaman Pak Harto ada anggapan negara adalah saya. Jadi bila ada yang mengkritik kebijakan pemerintah, apapun disemua bidang, maka dianggap musuh negara. Pak Harto itu enggak mau diungguli, nggak mau dinasehati, makanya hanya dia yang tidak ikut penataran P4," terang Amien.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Ade Mayasanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas