• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Tribunnews.com

Inilah Profil Doktor Pengganti Irjen Pol Sutarman

Jumat, 1 Juli 2011 16:12 WIB
Inilah Profil Doktor Pengganti Irjen Pol Sutarman
tribun batam/iman suryanto
Irjen Pol Sutarman.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) 1334/VI/2011 tanggal 30 juni 2011 Irjen Pol Sutarman menjadi Kabareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Ito Sumardi. Sementara jabatan Kapolda Metro Jaya digantikan Irjen Pol Untung Suharsono Rajab yang kini menjabat Kapolda Jawa Timur.

Lalu bagaimana sosok Kapolda Metro Jaya setelah Sutarman? Ternyata Irjen Pol Untung Suharsono Radjab merupakan seorang doktor yang tinggal setahun lagi memasuki masa pensiun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Humas Polda Metro Jaya, pria kelahir Medan, Sumatera Utara, 8 Oktober 1954 tersebut merupakan alumnus Akpol 1977. Ia dikenal sebagai seorang intelek dengan gelar doktor yang disandangnya.

Menariknya, meski dilahirkan di Kota Medan, beliau justru tumbuh dan besar di Surabaya. Catatan karir kepolisiannya juga banyak dihabiskan di wilayah hukum Polda Jawa Timur. Dia pernah menjadi Kapolres Lumajang, Komandan Provost Polwiltabes Surabaya, Wakapolwiltabes Surabaya, dan juga Kapolwil Besuki. Selain itu, beliau pernah pula berkediaman di Gayungsari, Surabaya.

Sejak mendapat pangkat Brigadir Jenderal tahun 1999, Dr Untung Suharsono Radjab tercatat pernah memimpin dua polda sebelum naik ke Jawa Timur. Dia pernah ditugasi sebagai Kapolda DI Yogyakarta dan Kalimantan Selatan. Pada Oktober 2010, posisinya sebagai orang nomor satu di Polda Kalsel digantikan Brigjen Syafruddin, mantan ajudan Wapres RI dan Wakapolda Sumut. Lepas dari Banjarmasin inilah, dia akhirnya naik sebagai bintang dua dikarenakan mendapat amanah sebagai Widyaiswara Utama atau Dosen utama di Sespim Lemdiklat.

Kemudian pada tanggal 14 Maret 2011, beliau kembali menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur dan dalam waktu dekat ini, sang doktor akan memimpin Kepolsian Daerah Metro Jaya.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Baharudin Djafar, setiap pemimpin di kepolisian tentu akan bertugas secara profesional dengan menjalankan visi nasional Polri. "Tentu beliau pasti sanggup mengembannya," kata Kabid Humas.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto mengungkapkan, Polda harus mampu membina hubungan baik dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya harus terjalin kerja sama dengan baik sesuai dengan bidang masing-masing, pembangunan tidak hanya fisik dan infrastriktur saja, tetapi moral dan perilaku masyrakat ada korelasi dengan tugas
polisi dalam mencimtakan Kamtibmas," kata Prijanto.

Banyak permasalahan yang masih perlu dibenahi pihak kepolisian di Jakarta ini dan itu akan menjadi tugas bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diantaranya perbaikan moral dan prilaku masyarakat untuk menekan tindak kejahatan.

"Ini yang harus perlu dipikirkan serius, bagaimana meningkatkan karakter masyarakat menjadi lebih baik. Penanganan masalah kemacetan lalu lintas pun perlu ditingkatkan dan banyak lagi," ungkap Prijanto.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Prawira Maulana
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
133461 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Edi Guma Pirate-Kamis, 7 November 2013 Laporkan
    Kapolri Komjen Pol Sutarman ternyata ada skandalnya loh Gan. Ane liat di portal ini http://www.bijaks.net/scandal/index/3016-apbd_maluku_utara/ .
  • Parlinz Rico Tjeperz-Kamis, 3 Oktober 2013 Laporkan
    menurut beberapa sumber...beliau lahir dari desa Tawang Weru Sukoharjo Jawa tengah....
    yang bener mana nih....
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas