• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

BNTP Cek Kesiapan Alat Cyber Crime Terorisme

Selasa, 19 Juli 2011 15:47 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyad Mbai, mengecek kesiapan alat-alat Cyber Crime Center di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/7/2011).

"(Saya) melihat alat-alat Cyber Crime Center. Itu kan alat pendukung utama dalam penanggulangan terorisme," kata Ansyad seusai pengecekkan.

Menurut Ansyad, sejumlah kasus terorisme di tanah air bisa terungkap dengan kecanggihan alat-alat di Cyber Crime Center tersebut. "Makanya, di dalam investigasi, seperti penggunaan alat-alat telekomunikasinya (telepon), itu kan yah di situ. Makanya Buktinya akurat," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, Kepolisian Indonesia dan Australia melakukan kerjasama dengan membangun kantor Pusat Investigasi Kejahatan Transnasional Cyber Crime Investigation Center) di Mabes Polri.

Kantor pusat investigasi dengan dana hibah dari pemerintah Australia senilai 4,8 juta dollar AS dan bertempat di Bareskrim Polri ini telah diresmikan oleh kedua kepala kepolisian pada 30 Juni 2011.

Tidak hanya kasus terorisme, alat-alat di Cyber Crime Center ini juga dipergunakan untuk mengungkap kejahatan lintas batas lainnya, seperti perdagangan manusia.

Karenanya, pemerintah Australia juga menyumbangkan tiga kapal patroli senilai 5 juta dolar AS kepada Polri untuk membantu pencegahan penyelundupan manusia ke negaranya. Selain itu, pemerintah Australia juga menyediakan lebih dari 2 juta dolar Amerika Serikat untuk dukungan operasional dan perawatan kapal patroli tersebut.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
139703 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas