• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Hasil Menipu di Facebook Hanya Untuk Karaokean

Kamis, 21 Juli 2011 00:54 WIB
Hasil Menipu di Facebook Hanya Untuk Karaokean
adi suhendi/Tribunnews.com
Jusman (kiri)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon guru olah raga yang kini duduk di semester akhir Universitas Negeri Makassar, Jusman (26) berani melakukan aksi penipuan lewat akun jejaring sosial facebook, hanya karena diiming-imingi akan selalu diajak karoke bila mendapat keuntungannya.

Jusman mengaku dirinya tahu kalau yang dilakukannya tersebut bsa membawanya ke balik jeruji besi. Ia awalnya diajak dua temannya yang kini menjadi DPO untuk melakukan perbuatan tersebut. "

Dia yang mengajari saya dan mengajak saya melakukan itu," kata Jusman saat ditemui wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (20/7/2011).

Pemuda asal Sindrap, Sulawesi Tengah ini mengaku kepada wartawan baru melakukan penipuan sejak dua bulan lalu.

"Saya hanya diajak saja, mengupload foto-foto blackberry di facebook," ucapnya.

Setelah itu, dirinya pun tinggal menunggu telepon dari korban-korban yang ingin memesan barang yang dijajakannya. Jusman yang juga aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut seakan dijebak teman yang mengajaknya melakukan kejahatan cyber tersebut.

Tiga hari sebelum ditangkap, Jusman dititipkan tiga buah handphone milik dua temannya. Sehingga, Jusman saat ditangkap tidak bisa mengelak lagi dari polisi.

"Tiga hari sebelum penangkapan, teman saya sepertinya sudah tahu, dan memberikan barang tersebut kepada saya, lalu mereka pergi entah ke mana," ucapnya.

Hasil uang kejahatan Jusman dan kawan-kawan digunakan untuk berfoya-foya. Jusman sendiri mengaku jarang mendapat uang dari hasil penipuannya. Kebanyakan uang tersebut diperoleh kedua temannya yang DPO. Setiap kali mendapatkan uang hasil penipuan, Jusman selalu diajak berkaraoke. Itu menurut calon guru ini sudah dianggap cukup untuk dirinya walau pun harus berurusan dengan polisi.

"Saya melakukan ini hanya iseng saja. Saya waktu itu hanya diajak untuk karoke saja bila mendapatkan uangnya," kata Jusman menutup pembicaraan.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
140321 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas