Ramadhan 2011

Hari ini Pukul 17.00 Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan

Kementerian Agama akan mendengarkan presentasi perwakilan organisasi Islam dari daerah terkait hasil pemantauan rukyatul hilal

Hari ini Pukul 17.00 Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama akan menggelar sidang isbat, menentukan awal bulan suci Ramadhan 1432 Hijriyah. Sedianya, beberapa perwakilan ormas akan bersidang pukul 17.00 WIB.

Dua ormas Islam terbesar, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), termasuk Persatuan Islam (Persis) dan beberapa ormas Islam lain akan ikut serta dalam sidang Isbat nanti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Agama akan mendengarkan presentasi dari beberapa perwakilan organisasi Islam dari daerah terkait hasil pemantauan rukyatul hilal. Setelah itu, awal Ramadhan baru akan ditentukan melalui sidang Isbat.

Sementara itu, Musytasyar PBNU KH Sya’roni Ahmadi meminta kepada seluruh ummat Islam dan kaum Nahdliyin untuk menunggu hasil rukyatul hilal dan isbat (penetapan) pemerintah.

"Apabila Ahad malam Senin (31/07/2011) kelihatan hilal, pagi harinya sudah wajib berpuasa, tetapi bila tertutup mendung pemerintah wajib menetapkan pelaksanaan puasanya mundur sehari yakni hari Selasa (2/8/2011)," ujar tegas KH Sya’roni Ahmadi seperti dikutip situs Nu.or.id.

Dijelaskan, penetapan awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, terbitnya hilal ini sudah sesuai dengan hadits yang menyebutkan berpuasalah kalian saat melihat bulan meski, dalam perhitungan hisab itu sudah kelihatan.

"Kalau menggunakan dasar hisab, hanya ahli falak saja yang boleh berpuasa tetapi tidak boleh memberitahukan pada yang lain," katanya lagi.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Yudie Thirzano
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help