• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pertama Kali Perwira TNI AL Raih Gelar DAN III Internasional

Rabu, 3 Agustus 2011 22:24 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dunia seni bela diri di Indonesia mengukir sejarah baru. Untuk pertama kalinya seorang Perwira TNI Angkatan Laut menerima gelar DAN III Internasional, dari Mahaguru (Soke) Kushin Ryu Karatedo, dan Konshin Ryu Jiu Jitsu, yang sengaja datang langsung dari Jepang.

Perwira yang sukses meraih gelar tersebut yaitu Kolonel Laut Ivan Sulivan, yang sehari-harinya menjabat Koordinator Staf Pribadi (Koorspri) Panglima TNI. Penyerahan tersebut dilakukan di kantor perwakilan Kunshin Ryu di komplek perkantoran Hayam Wuruk, Jakarta Pusat oleh Soke Horyu Matsuzaki Nidaime pada hari Rabu siang (03/08/2011).

Seperti yang dikutip dari press release yang diterima Tribunnews.com, dalam kesempatan tersebut, Soke Matsuzaki juga menyerahkan sebilah pedang samurai, sebagai perlambang  diterimanya Kolonel Ivan sebagai bagian dari keluarga besar Budo (Kesatria) sejati, di lingkungan Kunshin Ryu Karatedo dan Konshin Ryu Jiu Jitsu. Selama ini belum pernah ada ahli bela diri di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.
 
Menurut Soke Matsuzaki, gelar DAN III Internasional dan pedang Samurai diberikan secara langsung, karena menurut Perguruan Kunshin Ryu Karate Do dan Konshin Ryu Jiu Jitsu yang berada di Jepang, Kolonel Laut Ivan dinilai telah benar-benar menguasai dan menunjukkan kecintaan dan loyalitasnya kepada Karate dan Jiu Jitsu, termasuk tata krama sebagai ahli bela diri Jepang.
 
Kolonel Laut Ivan Sulivan, merupakan alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 36 tahun 1990. Di samping tugas sehari-hari sebagai Koorspri Panglima TNI, Kolonel Ivan juga merupakan pelatih seni bela diri Fighting Combat Mix di lingkungan pasukan khusus TNI Angkatan Laut, yakni Detasemen Jala Mangkara (Den Jaka), Pengintai Amfibi (Taifib) Korps Marinir dan Korps Pasukan Katak, Ketua Afiliasi INKAI Mabes TNI AL, Ketua Dojo Seishin, Ketua Majelis Sabuk Hitam INKAI Jawa Barat, Pembina Bela Diri Wushu dan Silat Maen Po Jawa Barat, serta Pembina dan Pelatih Bandung Fighting Club. Di samping keahliannya dalam seni bela diri, Kolonel Ivan saat ini juga menajamkan kemampuan intelektual melalui studinya dalam program doktor di Universitas Padjajaran dalam bidang Manajemen Strategik.
 
Saat dimintai komentarnya terhadap penghargaan tersebut, Kolonel Ivan menyatakan ia terharu sekaligus bangga karena apa yang dilakukannya merupakan wujud kecintaannya terhadap bela diri yang ia dalami sejak kecil.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Prawira Maulana
1 KOMENTAR
145619 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • hermina sujono hadi-Kamis, 4 Agustus 2011 Laporkan
    semakin banyak PERWIRA TNI mempertajam KEMAMPUAN INTELEKTUAL, SPIRITUAL, MOTORIK...pastinya NKRI CEPAT JAYA...
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas