• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pendekatan Sosial dan Budaya Efektif Tuntaskan Konflik Ambon

Selasa, 13 September 2011 10:45 WIB
Pendekatan Sosial dan Budaya Efektif Tuntaskan Konflik Ambon
HO/Blackberry
Suasana Pertikaian di Sekitar Tugu Trikora, Minggu (11/9/2011) Diduga pertikaan dipicu tewasnya seoarang tukang ojek.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyaknya aparat keamanan yang diterjunkan pascakerusuhan yang terjadi di Ambon untuk melakukan pengamanan dianggap kurang tepat.

Pendekatan tersebut justru akan memunculkan ketegangan-ketegangan baru. Upaya-upaya yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah adalah pendekatan secara budaya dan sosial.

"Pendekatan yang paling baik terhadap masalah di Maluku adalah pendekatan sosial, budaya, kekerabatan dan kekeluargaan. Apalagi Ambon sekarang ini jadi daerah tujuan wisata,"ujar Wakil Ketua DPR, Pramono Anung di gedung DPR, Jakarta, Selasa (13/9/2011).

Apabila pemerintah lanjut Pramono tetap memfokuskan diri kepada penambahan personel aparat keamanan justru hal itu tidak akan efektif menciptakan perdamaian di Ambon.

Pramono menambahkan, pendekatan secara sosial budaya serta kekeluargaan itu karena dirinya sudah melihat apa yang terjadi sebenarnya di Maluku.

"Mudah-mudahan konflik di Ambon tidak meluas sebab saya sudah 10 kali ke Ambon, masyarakat Maluku sebenarnya sangat toleran," jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyesalkan pemerintah daerah dan pusat yang terkesan lamban menangani konflik tersebut.

"Aparat di lokasi cukup kecil dan terjadi disinformasi. Konflik ini kan tidak terlalu menjadi besar kalau Pemda dan Pempus turun tangan waktu itu. Persoalan ini besar karena pemberitaan yang simpang siur, info dari mulut ke mulut. Saya tidak salahkan media, tapi informasi dari mulut ke mulut seperti jejaring sosial seperti nge-tweet padahal tidak di lokasi," pungkasnya.

Penulis: Willy Widianto
Editor: Yudie Thirzano
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
159508 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas