• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Tribunnews.com

Polonia Jadi Pusat Sekolah Penerbangan

Jumat, 14 Oktober 2011 20:06 WIB
Polonia Jadi Pusat Sekolah Penerbangan
pancurbatu
Bandara Polonia Medan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk meratakan sumber SDM transportasi terutama bidang  penerbangan, pemerintah akan menjadikan tiga tempat menjadi pusat sekolah penerbangan.

Dari tiga tempat yang telah ditentukan, Polonia, Medan bakal menjadi prioritas, selain karena potensi cukup besar, Polonia merupakan tempat yang paling siap.

Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan, Capt Bobby Mamahit mengatakan, tiga tempat yang direncanakan jadi basis sekolah penerbangan adalah Polonia (Medan), Pamekasan (Madura) dan Sorong (Papua).

Bobby mengatakan,  untuk sementara sekolah di Medan masih jadi bagian dari Akademi Teknik Keselamatan Pelayaran (ATKP) Medan, namun seiring tidak digunakannya Polonia sebagai bandara komersial maka sekolah akan dikelola mandiri oleh badan layanan umum (BLU) 

"Kami sedang berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub dan juga PT Angkasa Pura II agar Polonia bisa jadi basis sekolah penerbangan di wilayah barat. Saat ini basis sekolah penerbangan di Indonesia baru di Curug," kata Bobby di Jakarta, Jumat (14/10/2011).

Dijelaskannya, untuk di Medan dan Papua sudah tahap detil engineering design (DED), sedangkan di Sumenep masih tahap studi. Diperkirakan biaya pembangunan satu sekolah penerbangan sekitar Rp 100 miliar, sehingga ketiganya Rp 300 miliar.

"Dari semua itu yang paling cepat ya yang di Medan, tahun depan sudah bisa operasi karena status masih di bawah ATKP. Kalau yang lain benar-benar sekolah penerbangan murni, untuk di Sumenep akan gunakan Bandara Sumenep dan Papua gunakan Bandara Sorong," kata dia.

Pendirian sekolah penerbangan adalah untuk menggejot produksi pilot. Kebutuhan pilot per tahun mencapai 800 orang per tahun, namun kemampuan STIP Curug hanya 120 orang per tahun jika ditambah dengan sekolah penerbang swasta hanya 300 orang per tahun.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Johnson Simanjuntak
1 KOMENTAR
171903 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Overseas Zone-Jumat, 15 Maret 2013 Laporkan
    Halo.... kami menyediakan paket sekolah untuk menjadi pilot dengan biaya sangat hemat,durasi singkat, Dapat Laptop, Diskon Rp. 20 Juta, di Filipina..

    Jika kamu berminat find us on line/twitter/ig: @overseaszone atau WhatsApp: 081385000810 / pin Bb: 320A
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas