• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Hasil Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2014 Diumumkan

Jumat, 11 November 2011 10:12 WIB
Hasil Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2014 Diumumkan
Tribun Pekanbaru/Fakhrurrodzi
Aktivitas pencoblosan di LP Klas II A Pekanbaru. Di lokasi ini terdapat dua TPS, yakni TPS 37 dan TPS 38. Jumlah pemilih masing-masing TPS, 561 pemilih

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil verifikasi partai politik baru yang berhak mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 akan diumumkan, Jumat (11/11) ini. Pengumuman akan dilangsungkan di kantor wilayah (Kanwil) KemenkumHAM Palembang oleh Wakil Menteri hukum dan HAM Denny Indrayana.

"Jam 09.30 WIB di Kanwil Palembang. Jam 10.00 WIB ada teleconference sama WamenkumHAM," ujar staf KemenkumHAM Goncang Rahardjo kepada wartawan.

Ihwal pengumuman itu juga dibenarkan oleh Kepala Sub Direktorat Hukum Tata Negara KemenkumHAM Josi B Sugiarto. "Benar hari ini diumumkan hasil verifikasi partai politik oleh Pak Wakil Menteri," ucapnya.

Josi enggan memberitahu berapa banyak partai politik yang akan lolos. Ia menyarankan agar menunggu hasil pengumuman itu pada hari ini.

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan aturan untuk menyederhanakan partai politik. Cara itu dilakukan dengan merevisi UU Tentang Partai Politik di mana pada revisi itu disebutkan partai politik harus memiliki 75 persen kepengurusan tingkat kabupaten/kota di setiap provinsi.

Namun, setelah dilakukan judicial review atas revisi tersebut, Mahkamah Konstitusi memutuskan yang harus memenuhi persyaratan tersebut adalah partai politik yang belum memiliki badan hukum atau partai politik baru.

Pendaftaran verifikasi parpol untuk Pemilu 2014 sendiri sudah dibuka sejak Senin (17/1) lalu. Hingga pendaftaran ditutup pada 22 Agustus lalu, hanya 14 partai politik baru yang mendaftar. Adapun  Ke-14 parpol yang mendaftar yakni Partai Nasional Republik, Partai Nasdem, Partai Persatuan Nasional, Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara, Partai Republik Satu, Partai Republik Perjuangan, Partai Satria Piningit, Partai Penganut Thariqot Islam Negara, Partai Karya Republik, Partai Serikat Rakyat Independen, Partai Indonesia Rakyat Bangkit, Partai Independen, Partai Kekuatan Rakyat Indonesia, Partai Demokrasi Pancasila (Depan).

Editor: Yudie Thirzano
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
181597 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas