Selasa, 25 November 2014
Tribunnews.com

Wakil Ketua KPK M Jasin Jadi Tersangka Kasus Panda Nababan

Senin, 14 November 2011 12:09 WIB

Wakil Ketua KPK M Jasin Jadi Tersangka Kasus Panda Nababan
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar (kiri) bersama Ketua MK, Mahfud MD (kanan), dan Pimpinan KPK, M.Jasin, saat jumpa pers di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Jumat (10/12/2010). Kedatangan Akil dan Mahfud ke KPK untuk melaporkan kasus percobaan penyuapan hakim MK oleh tiga orang yang dinilai mengetahui adanya percobaan suap kepada hakim MK, yaitu Bupati Simalungun JR Saragih, Refly Harun, dan Maherswara Prabandono.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim kuasa hukum Panda Nababan mendapatkan surat pemberitahuan dari Polres Jakarta Pusat, bahwa Wakil Ketua KPK Muhammad Yasin berstatus tersangka untuk kasus yang dilaporkannya, kasus perbuatan tidak menyenangkan, fitnah, dan pencemaran nama baik.

"Pada 27 Oktober 2011, Polres Jakarta Pusat sudah menyampaikan SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan), bahwa enam saksi dan bukti sudah diperiksa, tinggal mendengarkan keterangan tersangka Muhammad Jasin," kata kuasa hukum Panda, Juniver Girsang, di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (14/11/2011).

Juniver mengaku heran, karena kasus yang awalnya dilaporkan ke Polsek Tanah Abang dilimpahkan ke Polres Jakpus, Polda Metro Jaya, dan kini bermuara di Mabes Polri.

Juniver mengaku tidak tahu alasan kasus ini justru ditangani Mabes Polri. Yang jelas, kuasa hukum Panda menginginkan Jasin segera diperiksa berstatus tersangka untuk kasus yang telah berjalana selama 7 bulan ini. Apalagi, Komisi III DPR telah mendesak Kapolri untuk bergerak cepat dan bersikap netral terhadap laporan pihak Panda karena ada dugaan rekayasan fakta dan data penanganan perkaranya di KPK.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Yudie Thirzano

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas