Tak Ada Anggaran Khusus untuk Keselamatan Jalan

Meskipun menjadi salah satu penyumbang kecelakaan transportasi terbesar, keselamatan jalan belum mendapatkan anggaran khusus dari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meskipun menjadi salah satu penyumbang kecelakaan transportasi terbesar, keselamatan jalan belum mendapatkan anggaran khusus dari pemerintah.

Direktur Keselamatan Jalan Kementerian Perhubungan, Hotma Simanjuntak mengatakan, keselamatan bukan menjadi hal eksklusif sehingga tak memiliki anggaran khusus.

Alokasi dana keselamatan jalan, jelasnya,  tidak melekat dari kementerian, karena (kampanye keselamatan jalan) ini baru mulai pertengahan 2011 jadi belum masuk dalam pembahasan (APBN) 2012.

"Diharapkan tahun depan sudah mulai merencanakan alokasinya, sehingga bisa untuk mendanai kegiatan-kegiatan dan program untuk keselamatan jalan," kata Hotma saat diskusi mengenai keselamatan jalan di Jakarta, baru-baru ini.

Disebutkan,  kecelakaan lalu lintas pada 2010 merugikan produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebanyak Rp 220 triliun. Jumlah itu sama dengan 3,1 persen dari total GDP Indonesia tahun 2010 yang sebanyak Rp 7 ribu triliun.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help