• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribunnews.com

Sepenggal Kisah Pernikahan Anak Presiden Soekarno

Rabu, 23 November 2011 16:30 WIB
Sepenggal Kisah Pernikahan Anak Presiden Soekarno
web
Bung Karno dan Guntur saat menghadiri pernikahan Rachmawati Soekarno

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gembar-gembor pernikahan putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edy Baskhoro, membuat politisi Bambang Sosatyo membayangkan kontradiksi yang terjadi pada pernikahan Rahmawati Soekarno Putri, anak dari Presiden pertama RI, Soekarno.

Pada tahun 1969 Sukarno -di tengah sakit ginjalnya yang parah- menghadiri pernikahan anaknya Rahmawati Sukarnoputeri dengan Martomo Pariatman Marzuki atau dikenal dengan panggilan Tommy.

Pernikahan itu, cerita Bambang, jauh dari kemewahan, dalam kondisi yang amat prihatin. Pernikahan cukup berlangsung di rumah Ibu Fatmawati di Jalan Sriwijaya, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Kemudian, saat Bung Hatta datang ke pernikahan itu dan memberi selamat kepada Rahma, tiba-tiba terbuka pintu ada beberapa tentara. Di antara kerumunan tentara ada Bung Karno yang memakai jas hitam agak kedodoran dengan muka bengkak-bengkak datang ke pernikahan anaknya itu.

Ketika melihat kehadiran Bung Karno di sana, semua mata tertuju ke pintu. Beberapa orang meledak tangisnya termasuk Guntur. Hatta mengusap air mata dan tersedu-sedu melihat Sukarno. Fatmawati langsung berlari ke arah Sukarno dan menciumi suaminya itu. Sukarno berusaha tertawa tapi jelas ia sudah amat kepayahan.

"Sementara di luar rumah berita kedatangan Sukarno mulai diketahui banyak orang, dari tukang becak sampai tukang dagangan berlarian ke depan pagar rumah Sriwijaya mereka berteriak-teriak : “Hidup Bung Karno….Hidup Bung Karno” komandan tentara kaget dan memerintahkan agar Sukarno tidak terlalu lama di rumah Sriwijaya, ia harus segera pulang ke Wisma Yaso," cerita Bambang.

Inilah, satu-satunya pernikahan Bung Karno untuk anaknya yang ia hadiri. Sebuah tragedi memilukan dari seorang yang mendirikan bangsa ini. Seorang yang sepanjang hidupnya bekerja untuk Indonesia raya. Seorang yang membebaskan bangsanya dari belenggu penjajahan.

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
17 KOMENTAR
185951 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Liesmaakhaviiarzennonk Tea-Selasa, 26 November 2013 Laporkan
    walopun saya hidup di jaman modern, saya percaya presiden indonesia hanya 1,yaitu presiden sukarno, sisa nya saya tidak tau, dan gak mau tau. ........
  • yuda-Rabu, 4 April 2012 Laporkan
    Lha Maksutnya apa?
  • montezuma-Senin, 2 April 2012 Laporkan
    kondisnya beda..punya kelebihan dan kekurangan masing2lah..kl kondisi zaman soekarno seperti era sby sekarang dimana ekonomi kita lebih mapan dan kondisi politik lebih stabil apa soekarno juga akan melakukan hal yang sama??
  • Herlan Widiarto-Minggu, 1 April 2012 Laporkan
    dalam sejarah indonesia blm pernah tau kalo presiden menikahkan anak nya pake fasilitas negara/istana negara sekalipun pak harto,
    br presiden kita yg terakhir ini yg aji mumpung
  • Jane Timisela-Rabu, 30 November 2011 Laporkan
    Jaman Sukarno rakyat Indonesia tidak tau apa itu korupsi...mulai Suharto baruh rakyat tau apa itu korupsi sampai sekarang dan Suharto sendiri di bayar CIA untuk turunkan Sukarno. Sukarno hidup dengan ketentuan berapa gajinya Presiden (kalau tidak salah se
  • budi ss-Selasa, 29 November 2011 Laporkan
    Perbandingannya gak apple to apple. Beda situasi dan kondisi. Dan juga dijadikan alat politik oleh bambang susatyo yg notabene jadi kompornya, media jadi apinya... rakyat yang terbakar. Kasihan rakyat negeriku yg dijejali dengan kebencian oleh para politi
  • sam sin-Senin, 28 November 2011 Laporkan
    Hai Bung Karno, Bapak Bangsa. Kau MISKIN dan SENGSARA di dunia, tapi insya Alloh akan bahagia di akhirat, karena masih banyak anak bangsa ini yang tahu dan menghargai jasa-jasamu serta selalu mendoakanmu agar arwahmu diterima disis Alloh swt serta diampun
  • Darsono Kasno-Sabtu, 26 November 2011 Laporkan
    Meskipun Bong Karno sejarahnya dijungkir balik dijaman suharto, dunia masih tetap mengakui SUKARNO MANTAN pRESIDEN PERTAMA ri ADALAH SEORANG PATRIOT BAGI BANGSANYA.
    Kita mustinya malu kususnya para pemegang kekuasaan yg tdk bisa menghargai pelopor pendiri
  • iglessias ru-Sabtu, 26 November 2011 Laporkan
    mohon maaf sebelumnya.... dan bukan ingin bermaksud untuk ribut.....
    tapi kita lihat dari artikel diatas... adalah aksi dari bentuk ke prihatinan....
    and buat agan2 smua.. kalian blom tau btul seorang "BUNG KARNO" tu siapa.. blom ada tandngan nya di bumi
  • Muhyiddin Shobri-Sabtu, 26 November 2011 Laporkan
    Tribun makin hari makin tdk berimbang, ada baking belakang kah,,, namun rakyat tak lagi judah di setir oleh media alahamdulillah,, bisa berpikir rasional
  • ican do-Sabtu, 26 November 2011 Laporkan
    lg2 Bambang Sontoloyo...sok, urusin aja tuh mobil mewah loe, km ngga perlu perhatian dari sontoloyo, OMDO.
  • Fahrur Rozi-Jumat, 25 November 2011 Laporkan
    RASAKAN AJA NANTI TATKALA SI IBAS MENGHADAP SANG AJAL.. SEBERAPA TETESAN AIR MATA YANG IKUT MENDOAKANNYA ADAKAH SAMA DENGAN ORANG YANG MARAH DENGAN KEGLAMORAN TATKALA DIA MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN...SEMUA AKAN nampak langsung ,,, TUHAN maha mengetahui sega
  • dhini-Jumat, 25 November 2011 Laporkan
    Lain jamanx Sukarno lain pula jamanx SBY..
    Gak pantes unt membanding2kan pernikahan
    anak2 presiden jaman dulu dgn skrg.. Jelas
    berbeda situasi n keadaan baik secara
    pribadi maupun secara politik dulu n
    skrg.. Sy rasa pernikahan anak SBY sdh
    sepantas
  • Zarmie-Kamis, 24 November 2011 Laporkan
    Jgn dbndingkan pak Bambang...
    Jgn memperkeruh suasana...
    Cba di lihat dr si2 lainny,,knp Bung
    Karno bs bgitu...
    Cba klau Rahma nkah thn 50-an,,psti
    lbh meriah dr prnkhn Ibas...
    SBY the best..
  • aldo-Kamis, 24 November 2011 Laporkan
    Seharusnya rahmawati dinikahkan
    tahun 1960 pasti mewah dan
    meriah....dimasa bung karno
    masih jaya....
  • ini copas-Rabu, 23 November 2011 Laporkan
    copas banget dari anton-djakarta.blogspot.com/2011/11/ketika-sukarno-menikahkan-anaknya.html?m=1. parah!!
  • irwan Situmorang-Rabu, 23 November 2011 Laporkan
    sejarah beliau ini dikaburkan dengan situasi politik jaman orba, sehingga sisi kemanusiaan, sosial, pikiran dan keberhasilannya tidak muncul utk generasi saat ini
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas