• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 Juli 2014
Tribunnews.com

Jaksa Juga Daftarkan Kasasi Kasus Susno Duadji

Kamis, 8 Desember 2011 22:12 WIB
Jaksa Juga Daftarkan Kasasi Kasus Susno Duadji
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Terdakwa kasus korupsi Komjen (Pol) Susno Duadji

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus Susno Duadji juga mendaftarkan kasasi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Kasasi didaftarkan menyusul keluarnya putusan banding terhadap jenderal bintang tiga itu selama 3 tahun 6 bulan penjara.

"Didaftarkannya hari ini. Tadi jam 12 siang," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Noor Rachmad ketika dihubungi wartawan, Kamis (8/12/2011).

Tetapi, Noor enggan mengungkapkan pertimbangan JPU untuk mengajukan kasasi atas putusan tersebut. "Pertimbangan ada didalam memori kasasi. Dan itu sedang disusun,"tukasnya.

Sebelumnya, pihak pengacara Susno Duadji telah mendaftarkan kasasi di PN Jakarta Selatan di hari yang sama. Pendaftaran dilakukan melalui salah satu pengcara Ari Yusuf Amir.

Majelis hakim PT DKI Jakarta yang dipimpin Roosdarmani mengeluarkan putusan Nomor 35/PID/TPK/2011/PT DKI tertanggal 9 November 2011, bahwa Susno tetap dinyatakan terbukti bersalah dengan vonis pidana penjara 3 tahun 6 bulan atau sama dengan putusan PN Jakarta Selatan sebelumnya. Adapun uang pengganti bertambah dari Rp 4 miliar menjadi Rp 4.208.898.749.

Di tingkat pengadilan negeri, Susno divonis terbukti bersalah dalam pidana korupsi saat penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat 2008.

Susno, dinyatakan terbukti menyalahgunakan kewenangannya saat menjabat Kabareskrim Polri dalam penanganan kasus Arowana dengan menerima hadiah sebesar Rp500 juta untuk mempercepat penyidikan kasus tersebut. Ia dinyatakan terbukti memangkas Rp 4.208.898.749, dana pengamanan Pilkada Jawa Barat saat menjabat Kapolda Jabar pada 2008, untuk kepentingan pribadi.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Prawira Maulana
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
191371 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • bedjo-Jumat, 9 Desember 2011 Laporkan
    KETIKA MATA DAN TELINGA SUDAH TIDAK BERFUNGSI MAKA ALAMAT ORANG TERSEBUT AKAN MENGALAMI KIAMAT DUNIA.
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas