• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribunnews.com

ICW: RSBI Bertentangan dengan Pancasila

Rabu, 28 Desember 2011 17:30 WIB
ICW: RSBI Bertentangan dengan Pancasila
Tribunnews.com/Nicolas Timothy
Puluhan aksi Koalisi Anti Komersialisasi Pendidikan menggelar aksi demo menentang keberadaan RSBI yang dinilai melanggar konstitusi, Rabu (28/12/2011).

Laporan Wartawan Tribunnews.com Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), menurut aktivis pendidikan dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Febri Hendri bertentangan dengan Pancasila khsusnya sila kelima.

"Penyelenggaraan RSBI pada sekolah publik dinilai bertentangan dengan sila kelima Pancasila," ujar Febri kepada wartawan di halaman gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2011).

Menurut Febri, akibat keberadaan RSBI, sekolah milik pemerintah tersebut tidak dapat diakses oleh seluruh warga negara terutama dari murid keluarga miskin.

"Padahal, pengeyaman dan penikmatan hak-hak asasi manusia hanya dapat dilaksanakan secara berarti setelah seseorang memperoleh tingkat pendidikan minimum," jelas Febri.

Siang ini, puluhan demonstran yang tergabung dalam Koalisi Anti Komersialisasi Pendidikan telah mendaftarkan gugatannya ke MK terkait keberadaan RSBI yang dianggap melanggar konstitusi.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas