Gempa di Aceh

Gempa 7,1 SR di Aceh, BNPB Belum Temukan Korban Jiwa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, belum menemukan korban jiwa akibat gempa di Aceh

Gempa 7,1 SR di Aceh, BNPB Belum Temukan Korban Jiwa
bmkg.co.id
Titik merah yang ada di peta menjadi lokasi pusat gempa berkekuatan 7,6 skala richter di wilayah Simelue, Aceh, Rabu (11/1/2012) pukul 01.36 WIB. Lokasi gempa dilaporkan berada di koordinat 2,32 LU 92,82 BT.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, belum menemukan korban jiwa akibat gempa bumi berkekuatan 7.1 SR yang terjadi Rabu (11/1/12) dini hari di Aceh.

"Sampai jam 4 pagi di kota Banda Aceh dan sekitarnya akibat gempa tadi belum kami temukan ada korban jiwa dan infrastruktur. Demikian juga berdasarkan info dari SAR di kawasan barat selatan, belum ada laporan korban jiwa," ungkap Jubir BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta.

Ditegaskannya, posko Pusdalops BNPB masih terus memantau kondisi di lapangan akibat gempa tersebut.

Sebagaimana diketahui, Rabu dini hari tadi terjadi gempa dengan Pusat Gempa 2.32 LU - 92.82 BT (419 km BaratDaya Meulaboh - Aceh), kedalaman 10 km.

BMKG sempat mengeluarkan release gempa tersebut berpotensi tsunami. Namun peringatan itu telah dicabut, karena ternyata tsunami tidak terjadi.

Sutopo menjelaskan bahwa gempa dirasakan cukup keras oleh warga di Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

"Warga pesisir Aceh merasakan adanya angin kencang dan getaran gempa cukup keras. Gempa juga dirasakan di Simeuleu, belum ada kepanikan warga yang cukup berarti."

"Gempa tidak dirasakan di daerah Kota Padang, Sumbar. Tidak terjadi Tsunami di daerah Sumbar. BPBD Sumbar masih terus memantau Perkembangan di sekitar lokasi pesisir pantai," jelasnya.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dodi Esvandi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help