KPK Bareng TII Luncurkan Film "Kita Versus Korupsi"

Dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang risiko korupsi sekaligus sebagai upaya

KPK Bareng TII Luncurkan Film
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Abraham Samad

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang risiko korupsi sekaligus sebagai upaya menanamkan nilai-nilai integritas, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Transparansy Internasional Indonesia (TII) dan USAID meluncurkan film "Kita versus Korupsi", di gedung Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Melalui film ini, KPK ingin menginisiasi dukungan masyarakat terhadap upaya pencegahan korupsi melalui medium film.

"Kami yakin film dapat menjadi medium kampanye antikorupsi yang kreatif, karena lebih menarik dan pesannya lebih mudah dicerna publik," tulis Ketua KPK, Abraham Samad pada siaran persnya, Kamis (26/1/2012).

Film "Kita Versus Korupsi" yang terdiri atas rangkaian empat film pendek karya para sineas muda merupakan suatu rangkaian dalam satu benang merah sebagai sarat nilai-nilai integritas yang ditanamkan dalam keluarga.

Keempatnya adalah "Rumah Perkara" Karya Emil Heradi, "Selamat Siang Risa!" Karya Ine Febrianti,"Psssttt... Jangan Bilang Siapa-siapa" karya Chairun Nissa, serta "Aku Padamu" Karya Lasja F Susatyo.

Maka, proses pembuatan film melibatkan publik secara intensif. Dimulai dari lomba ide cerita pada September 2011, yang dilanjutkan dengan kegiatan workshop pengembangan cerita (skenario) hingga rangkaian diskusi dengan banyak tokoh media, aktivis media sosial, jurnalis, termasuk pimpinan KPK dalam rangka menggali dan mengembangam ide.

Proses pembuatan film ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat, khususnya para sineas film muda sutradara, aktor, scriptwiter dan kru, yang tergerak untuk turut andil dalam upaya pencegahan korupsi melalui sebuah film.

"Kami berharap film ini tidak hanya menjadi sebuah tontonan, tetapi sekaligus menjadi tuntunan serta mampu menginspirasi setiap penontonnya untuk melakukan refleksi terhadap dirinya masing-masing nmengenai nilai-nilai integritas," tegas Abraham.

Sekedar diketahui, Film "Kita Versus Korupsi" bukanlah film komersil dan akan diputar bukan untuk maksud komersil. Pemutaran film akan dilakukan melalui kegiatan roadshow di kota-kota besar di Indonesia yang dikemas dalam kegiatan bedah atau diskusi film. Masyarakat juga bisa menginisiasi pemutaran film ini dengan menghubungi pihak KPK ataupun TII.(*)

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help