• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

SBY Beri Tugas Baru Buat Satgas TKI

Rabu, 29 Februari 2012 18:48 WIB
SBY Beri Tugas Baru Buat Satgas TKI
KJRI Jeddah
Para tenaga kerja Indonesia saat berkumpul di shelter TI di Jeddah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi tugas baru buat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kasus WNI/TKI di luar negeri. Satgas tersebut dipimpin mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni.

Sebagaimana dirilis Sekretariat Kabinet (Setkab), Rabu (29/2/2012), Penugasan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 yang ditandatangani Presiden SBY pada tanggal 24 Februari lalu.

Adapun tugas baru Satgas TKI adalah melanjutkan pemberian advokasi dan bantuan hukum, serta pendampingan hukum secara maksimal kepada WNI/TKI yang terancam hukuman mati di luar negeri.
 
“Satgas bertugas selama 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal berakhirnya masa tugas Satgas yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2011 (7 Juli 2012),” bunyi diktum kedelapan Keppres Nomor 8 Tahun 2012.
 
Lebih lanjut, dalam Keppres yang dikeluarkan untuk memperpanjang masa tugas Satgas sesuai Keppres Nomor 17 Tahun 2011 itu, SBY menugaskan Satgas WNI/TKI untuk menyusun Standar Operasi Prosedur (SOP) atau mekanisme penanganan kasus WNI/TKI di luar negeri yang terancam hukuman mati, menyusun rekomendasi penyempurnaan proses penyediaan, penempatan, dan perlindungan WNI/TKI di luar negeri; dan memberikan informasi yang efektif dan edukatif kepada masyarakat tentang penanganan WNI/TKI di luar negeri yang terancam hukuman mati.
 
Sebelumnya, sesuai Keppres Nomor 17 Tahun 2011, tugas Satgas mengiventarisasi permasalahan dan kasus-kasus WNI/TKI di Luar Negeri yang terancam hukuman mati; memberikan advokasi dan bantuan hukum kepada mereka; melakukan evaluasi  penanganan hukum terhadap kasus-kasus yang dialami WNI/TKI di luar negeri, termasuk kasus-kasus yang merugikan TKI di negara penempatan; dan memberikan rekomendasi kepada Presiden mengenai langkah-langkah penyelesaian penanganan kasus-kasus WNI/TKI di luar negeri.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
311842 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Firman Firdaus-Kamis, 1 Maret 2012 Laporkan
    advokasi bagi TKI diluar negeri merupakan kewajiban Indonesia terutama dalam upaya perlindungan warga negara, sehingga tidak ada lagi TKI yg terancam hukum pancung di luar negeri
  • jogja-Rabu, 29 Februari 2012 Laporkan
    TURUNKAN!
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas