Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

Infrastruktur CNG Dapat Anggaran Rp 2 Triliun

Senin, 12 Maret 2012 17:18 WIB

Infrastruktur CNG Dapat Anggaran Rp 2 Triliun
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah sepeda motor antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (6/3/2012). Pemerintah akan mempersiapkan sebaik mungkin pemberian kompensasi atas rencana kenaikan harga BBM guna mengantisipasi dampak fatal yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia kini tengah menyiapkan beberapa opsi terkait dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Salah satu opsi Pemerintah adalah menyiapkan Bahan Bakar Gas (BBG) dengan jenis Liquidfied Gas Vehicle (LGV) untuk kendaraan umum dan Compressed Natural Gas (CNG) untuk kendaraan pribadi.

PT Pertamina (Persero) selaku pelaksana penyedia BBG, mengestimasikan anggaran sampai Rp 2 triliun untuk membangun proyek infrastruktur (CNG) pada tahun 2012.

"Investasi Rp 2 triliun nantinya digunakan untuk membangun 6 mother station, 21 daughter station, 84 CNG Tube Trailer, revitalisasi 6 SPBG dan 1 SPBG online," ujar Dirut Pertamina, Karen Agustiawan di komisi VII DPR RI, Senin (12/3/2012).

Semua pembangunan infrastruktur CNG awalnya akan dibangun untuk wilayah Jabodetabek dulu, mengingat target pemasaran terbanyak ada di sana.

"Semuanya itu dibangun untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat yang meliputi Bogor, Depok, Bekasi dan Cirebon, Banten dan Jawa Timur," papar Karen.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas