Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Mahkumjakpol Bicarakan Pelaksanaan Tipiring

Selasa, 3 April 2012 16:56 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Forum Mahkamah Agung, Kemenkumham, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian (Mahkumjakpol) hari ini menggelar pertemuan membahas mengenai pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung (PerMA) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelesaian Batasan Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dan Jumlah Denda dalam KUHP.

"Pertemuan ini mengenai penyusunan nota kesepakatan bersama antara pihak MA, Kemenkumham, Jaksa Agung dan Polri mengenai Perma nomor 2 Tahun 2012 tentang Tipiring," ujar Kepala Biro Hukum dan Humas, Ridwan Mansyur usai pertemuan digelar di lantai dua Gedung MA, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2012).

Dalam pertemuannya, Forum Mahkumjakpol juga membahas mengenai hal-hal lain yang berkaitan dengan pembatasan perkara, berkaitan dengan pidana ringan, perkara anak, kerugian dari pihak korban di bawah Rp 2,5 juta serta pembatasan-pembatasan serupa dalam hal perkara pemakai narkoba.

Forum Mahkumjakpol juga membahas mengenai pemulihan keadilan atau restorative justice, antara lain mengenai tata cara penyelesaian perkara di luar pengadilan.

"Artinya, penyidik tidak perlu meneruskan perkara Tipiring ke Persidangan dan tidak perlu melakukan penahanan secara subyektif," terang Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan, dengan berlakunya Perma ini, maka otomatis mengurangi jumlah perkara yang masuk ke MA dan memberikan efek domino yang juga mengurangi beban Lapas.

Pertemuan Forum Mahkumjakpol ini menurut Ridwan belum rampung. Masih ada beberapa hal yang harus dibahas dan mengikutsertakan KPK dalam penyusunan yang akan dituangkan ke dalam Nota Kesepahaman.

"Dalam seminggu atau 10 hari lagi akan dilakukan pertemuan. Jika sudah rampung maka akan dituangkan dalam Nota Kesepahaman dan akan dipublish ke masyarakat," terang Ridwan.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas