Sabtu, 20 Desember 2014
Tribunnews.com

Alasan Pertamax Lebih Mahal Dibanding BBM di SPBU Asing

Kamis, 5 April 2012 14:42 WIB

Alasan Pertamax Lebih Mahal Dibanding BBM di SPBU Asing
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengendara sepeda motor mengisi kendaraannya dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Senin (2/4/2012).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak dibatalkannya kenaikan harga BBM bersubsidi, harga BBM non subsidi menjadi semakin mahal. Bahkan harga Pertamax dan Pertamax Plus di SPBU milik Pertamina, lebih mahal dibandingkan BBM non subsidi yang djual di SPBU milik negara asing.

Karena hal itu banyak kendaraan roda empat memilih mengisi BBM bersubsidi. Vice President PT Pertamina, Mochammad Harun menjelaskan, alasan harga Pertamax dan Pertamax Plus lebih mahal di Pertamina karena kedua BBM non bersubsidi itu diproduksi setiap hari.

"Kami (PT Pertamina) kan barangnya (Pertamax dan Pertamax Plus) diproduksi setiap hari. Kalau mereka (SPBU Asing) kan stok dulu, dan belinya dari 2-3 bulan yang lalu,"ujar Mochammad Harun via telephon, Kamis (4/4/2012).

Mochammad Harun menjelaskan, harga BBM non subsidi di SPBU asing bisa lebih murah karena barang yang dijadikan stok, sedangkan BBM non subsidi dari Pertamina adalah barang yang baru selesai diproduksi dan siap dipasarkan.

"Mereka kan impor dan harus beli jumlah yang besar, lalu mereka stok, sehingga harganya masih murah. Kalau misalkan barang baru, pasti harganya sama, bahkan bisa lebih mahal,"ungkap Harun.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dodi Esvandi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas