• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Bakorkamla Segera Namai Kapal Patroli 48 Meter

Senin, 16 April 2012 12:05 WIB
Bakorkamla Segera Namai Kapal Patroli 48 Meter
istimewa
Desain kapal patroli Bakorkamla RI yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Laporan Wartawan Tribunnews, Iman Suryanto

TRIBUNNEWS, BATAM - Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Republik Indonesia segera meluncurkan kapal paroli sepanjang 48 meter. namun sebelum dilucnurkan, penamaan kapal itu terlebih dahulu dilakukan di Batam, Rabu (25/4/2012).

Kabag Persidangan, Humas dan Protokol (PHP) Bakorkamla Kolonel Edi Fernandi mengatakan pengoperasian kapal yang ditujukan untuk mendukung pengamanan di perairan Indonesia tersebut akan diresmikan langsung Ketua  Bakorkamla RI Menko Polhukam Djoko Suyanto, di galangan kapal PT Palindo Marine Batam.

Penamaan kapal itu juga akan dihadiri pejabat 12 stakeholder atau instansi Bakorkamla dan pemerintah daerah setempat.

Sebelumnya Kepala Pelaksana Harian Bakorkamla Laksamana Madya Y Didik Heru Purnomo, telah melihat dari dekat proses pengerjaan kapal tersebut di Batam.

Kapal senilai Rp 60 miliar dikerjakan sejak November 2011. Kapal menggunakan mesin berkecepatan 22 knot per jam, dan mampu mengantisipasi cuaca ekstrim di laut.

"Dengan kecepatan tersebut, kapal ini mampu bergerak hingga batas 200 mil laut (sekitar 370 kilometer) dari lepas pantai sehingga efektif untuk pengamanan laut di perairan Indonesia," kata Didik.

”Kalau ukuran 48 meter jauh lebih berani dan aman menghadapi cuaca,” ujarnya. Kapal ini bermesin penggerak 3 buah masing-masing bertenaga 1400 Tenaga Kuda, berbadan bawah kapal baja dan berbadan atas kapal aluminium dan direncanakan diawaki 35 anak buah kapal (ABK).

Penulis: ricas74
Editor: Anwar Sadat Guna
0 KOMENTAR
445802 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas