• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribunnews.com

Dan UGM Pun Melarang Irshad Manji

Rabu, 9 Mei 2012 15:25 WIB
Dan UGM Pun Melarang Irshad Manji
IST
Irshad Manji

Laporan Reporter Tribun Jogja, Muchamad Fatoni dan Hendy Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, JOGJA - Kontroversi Irshad Manji berlanjut ke Jogjakarta. Rencana diskusi dengan wanita Muslim asal Kanada ini dibatalkan pihak Universitas Gajah Mada (UGM).

Sebelumnya di Jakarta, acara peluncuran buku "Allah, Liberty, and Love" karya intektual Muslim ini "diganggu" sekelompok massa.

Seseorang yang mengaku polisi meminta acara dibubarkan. Alasannya, acara itu tanpa izin.

Beberapa tokoh ada di sana. Nampak Goenawan Mohamad, pendiri Grup Tempo, dan Ulil Abshar, politisi Demokrat. Acara akhirnya dibubarkan.

Di Jogja, sedianya Irshad Manji berceramah di Center for Religious and Cross Cultural Studies (CRCS), Sekolah Pascasarjana Kampus UGM, Rabu (9/5/2012) pukul 08.30 pagi tadi. Acaranya bedah buku "Allah, Liberty, and Love".

Mengapa UGM membatalkan acara itu? Penjelasan datang dari Kepala Bidang Humas UGM, Wijayanti.

Katanya, pihak UGM sama sekali tak pernah melarang kegiatan diskusi akademik, termasuk kedatangan Irshad Manji.

"UGM menjunjung tinggi kebebasan akademik di lingkungan UGM dengan menyelenggarakan dan memfasilitasi berbagai diskusi dengan berbagai tema. UGM juga tidak pernah melarang kedatangan Irshad Manji," kata Wijayanti mewakili Rektor UGM.

Ia juga menjelaskan, pada Selasa (8/5/12) sekitar pukul 22.30, UGM didatangi ratusan massa yang meminta diskusi dengan Irshad Manji dibatalkan. Selain itu pihak kampus juga menerima masukan dari beberapa pihak terkait hal tersebut.

"UGM mempertimbangkan hal ini sebagai upaya dalam menjaga keamanan tamu, warga kampus, dan mitra kerja," katanya.

Pro dan kontra menyertai kedatangan Irshad Manji di Jogja, sebelum dan setelah pembatalan acara diskusi itu.

Direktur Sekolah Pascasarjana Program Studi Agama dan Lintas Budaya Zainal Abidin Bagir mengaku sedih karena peristiwa ini justru terjadi di universitas sekaliber UGM. 

"Kalau berbicara saja tidak bisa, maka ruang diskusi untuk mau menerima pendapat tertutup. Tidak adanya ruang untuk menerima pendapat ini isu yang sangat mengkhawatirkan," kata Zainal, Rabu, di Gedung Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Menurut Zainal, tidak perlu disembunyikan bahwa pembatalan acara diskusi buku Irshad Manji adalah karena adanya ancaman dari sekian ormas yang tak semuanya jelas nama dan keberadaannya. 

"Jika perbedaan pendapat berarti menghilangkan seluruh hak orang itu dan hak orang-orang lain, bagaimana mungkin sisik-melik ini bisa dibicarakan demi mendapatkan posisi yang tepat kalau kemungkinan berbicara saja ditutup?" kata dia.

Zainal menambahkan, universitas bukanlah universitas yang berkat kerapiannya menyimpan kertas-kertas dokumen bisa lolos akreditasi atau mendapatkan sertifikasi. Tapi, lembaga terhormat yang memberi ruang untuk membangun pengetahuan.

"Terlalu cepat tunduk pada ancaman berarti hidup dalam dan menghidupi atmosfer kekerasan itu. Apakah kita (UGM) sudah hidup dan bernafas dari menghirup udara di atmosfer itu?" paparnya.

Suara berbeda datang dari Jamaah Shalahuddin (JS). Ketua organisasi ini, Arif Nurhayanto, menjelaskan pihaknya telah melakukan kajian mengenai latar belakang Irshad Manji sebagai seorang aktifis feminisme liberal yang mengaku muslim dan secara terang-terangan bahwa dia seorang lesbian.


Terdapat tiga poin yang menjadi titik berat penolakan Jamaah Shalahuddin terhadap Irshad Manji. 

Pertama, Irshad Manji telah menodai ajaran Agama Islam dan melecehkan Nabi Muhammad SAW. 

Kedua, Irshad yang merupakan tokoh biseksual seakan hendak membawa Islam menghalalkan gay dan lesbian. 

Ketiga, dengan kedatangannya dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap pemikiran dan tingkah laku masyarakat. 

"Oleh karena itu kami dengan tegas menolak kedatangannya di Yogyakarta," tulis Arif Nurhayanto seperti dilansir Tribun Jogja.




Editor: Dahlan Dahi
Sumber: Tribun Jogja
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
514832 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Muhammad Munandar-Rabu, 9 Mei 2012 Laporkan
    Ingin berdiskusi di forum Pasca Saarjana UGM dengan para doktor dan kandidat doktor?? Irshad Manji itu pakar ilmu di bidang apa?? Ilmu apa yang akan ditawarkan ke UGM?? Ilmu "jeruk makan jeruk" untuk dikembangkan di UGM?? Wekekekeke ......................
  • Si Beye-Rabu, 9 Mei 2012 Laporkan
    .....Kebebasan bicara yang dijamin oleh negara,tidaklah menghapus kewajiban bagi kita untuk mencegah tersebarnya kemungkaran....
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas