• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribunnews.com

Saksi Ahli: Aturan Hakim Perlu Ditegaskan

Kamis, 31 Mei 2012 19:02 WIB
Saksi Ahli: Aturan Hakim Perlu Ditegaskan
google
Yusril

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yusril Ihza Mahendra selaku saksi ahli dalam sidang uji materiil tiga undang-undang bidang peradilan, dalam keterangannya mengatakan bahwa beberapa Pasal yang tercantum dalam UU memiliki ketidakpastian hukum.

"Aturan tersebut bertentangan dengan Pasal 28D ayat (1) UUD 1945," kata Yusril dalam keterangannya di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, (31/5/2012).

Menurut Yusril, tidak hanya bertentangan dengan UUD 1945 saja, namun juga bertentangan dengan UU Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

"Hal ini menimbulkan ketidakpastian hukum karena jelas dalam UUD 1945, TAP MPR, Perpu atau UU, Peraturan Pemerintah, yang dimaksud frasa diatur dengan peraturan perundangan-undangan’ dalam pasal 25 ayat (6) UU PTUN yang mana?" kata Yusril.

Seharusnya, lanjut Yusril, frasa 'diatur dalam perundang-undangan' itu dinyatakan saja secara tegas apakah diatur dengan PP atau dengan Perpres.

"Sebaiknya aturan itu dinyatakan tegas, misalnya disebutkan diatur dalam PP, lalu PP itu mendelegasikan ke aturan yang lebih teknis, seperti Peraturan MA atau Peraturan Menkeu untuk mengatur tunjangan hakim dan hak-hak lainnya," kata Yusril menyarankan.

Adapun yang diujimateriilkan yakni, Pasal 25 ayat (6) UU No. 49 Tahun 2009 tentang Peradilan Umum jo Pasal 24 ayat (6) UU No. 50 Tahun 2009 tentang Peradilan Agama jo Pasal 25 ayat (6) UU No. 51 Tahun 2009 tentang PTUN.

Pasal 25 ayat (6) UU PTUN berbunyi, Ketentuan lebih lanjut mengenai gaji pokok, tunjangan, dan hak-hak lainnya beserta jaminan keamanan bagi ketua, wakil ketua, dan hakim pengadilan diatur dengan peraturan perundang-undangan.

Ayo Klik:
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
580421 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas