Kamis, 30 Juli 2015
Tribunnews.com

Ini Dia Peraih Penghargaan Kalpataru dan Adipura 2012

Selasa, 5 Juni 2012 20:57 WIB

Ini Dia Peraih Penghargaan Kalpataru dan Adipura 2012
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Walikota Metro Lampung, Lukman Hakim, memegang piala Adipura di Istana Negara RI, Jakarta, Selasa (5/6/2012). Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pemerintah kembali menganugerhakan penghargaan Adipura dan Kalpataru, serta pencanangan Hari Badak Internasional tahun 2012. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan pencanangan Tahun Badak Internasional tahun 2012.  Penghargaan lingkungan disampaikan kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup.

Pada tahun 2012 ini Program Adipura diikuti oleh 379 kota yang terdiri dari kota metropolitan, besar, sedang dan kecil. Tercatat jumlah kota yang menerima penghargaan Adipura meningkat dari tahun 2011 sebanyak 63 kota menjadi 125 kota pada tahun 2012. Diantaranya, diberikan 2 Anugerah Adipura Kencana bagi kota yang telah melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati.

Tahun 2012, Adipura Kencana diberikan kepada Kota Surabaya dan Kabupaten Tulungagung. Kementerian Lingkungan Hidup juga memberikan Anugerah Adipura kepada 123 kota, Piagam Adipura kepada 33 kota dan penghargaan untuk pengelolaan sarana dan prasarana terbaik yaitu Taman Kota terbaik, Pasar terbaik dan Terminal terbaik.

Selain itu, dalam membangun kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang peduli lingkungan hidup, dikembangkan Program Adiwiyata, sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Ini bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Bagi sekolah telah meningkatkan kinerjanya selama tiga tahun berturut-turut diberikan penghargaan Adiwiyata Mandiri. Tahun ini peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan kepada 67 sekolah.

Pun dalam upaya pemerintah menyediakan informasi lingkungan hidup yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, tahun ini telah dilakukan evaluasi terhadap Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), yang berasal dari 29 Pemerintah Provinsi dan 129 Pemerintah Kabupaten/Kota. Adapun Penyusun SLHD Tahun 2011 terbaik adalah kategori Provinsi, yakni DKI Jakarta, Sumatera Barat dan Jawa Timur. Sedangkan untuk kategori Kabupaten/Kota, yakni Kota Padang, Kabupaten Agam dan Kabupaten Majene.

Kepada semua para penerima penghargaan SBY menyampaikan penghargaan dan selamat buat peran masing-masing individu, kelompok dan daerah untuk bidang lingkungan. Pesannya, agar hal inii tetap dilanjutkan dalam kepeloporan dan keteladanan pada pemeliharaan kelestarian lingkungan di wilayah saudara masing-masing.

“Saya ucapkan selamat, disertai ucapan  terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja keras dan prestasi saudara. Saudara-saudara telah berjasa besar dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, keindahan kota, dan kehijauan sekolah,” ungkap SBY, dalam pidatonya, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/6/2012).

Halaman123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Willy Widianto
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas