• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

Sekolah Diminta Optimalkan Dana 'Block Grand' Kemendikbud

Kamis, 7 Juni 2012 11:51 WIB
Sekolah Diminta Optimalkan Dana 'Block Grand' Kemendikbud
SERAMBI Banda Aceh/BUDI FATRIA
Murid MTsN 1 Model Banda Aceh shalat ashar berjamaah saat menunggu pengumuman Ujian Nasional (UN) di sekolah mereka, Sabtu (2/6). Sebanyak 82.106 siswa atau sekitar 99,39 persen dinyatakan lulus UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Aceh sisanya, 509 siswa lagi atau 0,61 persen tidak lulus dari jumlah total peserta 82.615 orang. (SERAMBI/BUDI FATRIA)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyediakan anggaran block grand yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah. Sekolah dapat mengajukan permohonan dana dekonsentrasi untuk pembangunan ruang kelas baru, ruang perpustakaan, atau laboratorium.

Menurut Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal Dinas Pendidikan DKI, Istaryatiningtis, pihaknya menganjurkan agar sekolah-sekolah mengoptimalkan program dana block grand tersebut.

"Sekolah cukup mengajukan proposal ke Kemendikbud, karena mereka sudah mengalokasikan dana dekonsentrasi yang lumayan besar. Kalau kebutuhannya sesuai seperti membeli bangku dan meja, setiap sekolah dialokasikan sekitar Rp 200-Rp 300 juta tiap sekolah. Nanti pihak Kemendikbud akan memverifikasi sekolah tersebut," ujar Istaryatiningtis, Kamis (7/6/2012).

Sementara itu, Kabid Informasi Dinas Pendidikan DKI, Budi Sulistiyono, menegaskan bahwa pada prinsipnya kegiatan belajar dan mengajar di sekolah negeri dibiayai pemerintah pusat dan daerah. Menurutnya bila ada sekolah yang memungut biaya untuk membangun sarana fisik seperti ruang kelas baru serta pengadaan meja dan kursi, maka hal itu tidak dibenarkan.

"Sampaikan saja kepada sekolahnya, tidak ada aturan yang mengharuskan hal itu. Karena sudah ada dana BOP dari APBN dan BOS dari APBD," pungkasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Willy Widianto
0 KOMENTAR
601052 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas